Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ansar Dorong BUMD Jadi Motor Penggerak Ekonomi Daerah

*Gubernur Terima Penghargaan Top Pembina BUMD 2021

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Gubernur Riau Syamsuar menerima Penghargaan Top Pembina BUMD 2021 berlangsung di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta, Jumat (10/9/2021). (Foto: Istimewa/Humas Kepri).

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menerima anugerah Penghargaan Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) 2021, Jumat (10/9/2021) di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta. Penghargaan serupa juga diberikan kepada Gubernur Riau Syamsuar.

Keduanya dinilai telah berhasil membina PT Bank Pembangunan Riau Kepri menjadi Top BUMD 2021 dengan menyandang Bintang 4.

Top BUMD award sendiri merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan BUMD yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. Dan kegiatan ini ditayangkan di TV nasional.

Gubernur Ansar mengucapkan syukur atas penghargaan yang diterimanya sebagai Top Pembina BUMD 2021.

Penghargaan ini, sebut Ansar, tidak terlepas dari andil seluruh masyarakat Kepri, yang ikut serta memberikan sumbangan pemikirannya. Sehingga pemerintah bisa terus berkreasi dan berinovasi dalam menjawab tantangan yang harus dihadapi saat ini.

“Kita akan membina terus semua BUMD yang ada didaerah agar bisa mandiri dan memberikan kontribusi ekonomi bagi masyarakat Kepri dan BUMD harus menjadi motor penggerak ekonomi di daerah,” ujar Gubernur.

Sebelumnya, ketua Tim Penilai Top BUMD Award 2021 Prof Dr Djohermansyah Djohan menjelaskan, pemberian penghargaan ini, berdasarkan penilaian yang dilakukan secara objektif, independen melalui sesi presentasi dan penjurian yang ketat.

”Maka ditetapkan Top Pembina BUMD Award 2021 adalah Gubernur Kepri H Ansar Ah.ad dan Gubernur Riau H Syamsuar,” ujar Djohan.

Selain itu, panitia juga menetapkan, Top CEO BUMD 2021 disandang oleh Andi Buchari selaku Direktur Utama Bank Riau Kepri dan Top BUMD 2021 Stars 4 adalah PT Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri.

Pada kesempatan ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menambahkan, BUMD merupakan tulang punggung daerah dan sudah seharusnya menjadi penggerak ekonomi daerah. Masa pandemi ini BUMD juga diminta untuk terus hadir memberikan solusi dalam upaya pemulihan ekonomi secara nasional dan daerah.

“Target nasional, juga peran BUMD sebagai motor penggerak ekonomi pada saat pandemi Covid ini. Dan tentunya kita harus menggesa penyelesaian vaksinasi daerah dan terus menerapkan protokol kesehatan secara nasional dalam mendukung pemerintah,” kata Erick Tohir.

Adapun prioritas kriteria Penghargaan Top BUMD, imbuhnya, lebih pada orientasi inovasi dan inisiatif pemberdayaan masyarakat melalui kontribusi BUMD dalam pembangunan daerah.

”Dan Top BUMD menilai bahwa kepala daerah telah berhasil dalam berinovasi serta berkolaborasi dalam mengembangkannya,” ujar Erick Tohir.

Tampak juga juga dalam acara penyerahan Penghargaan Top BUMD Award 2021 ini Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.

Penulis: Redaksi/Rilis
Editor: Ogawa

Comments
Loading...