Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Gubernur Teken MoU Bantuan UMKM Tanpa Bunga dengan Bank Riau Kepri

Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad. (Foto: Dokumentasi/Presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad menjadwalkan, pada Rabu (15/9/2021) menandatangani nota kerjasama (MoU) penyaluran dana bantuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tanpa bunga bersama Bank Riau Kepri.

Untuk itu, Gubernur memastikan setelah MoU ditandatangani maka bantuan untuk UMKM di Kepri ini, akan mulai disalurkan dimulai pada hari itu juga.

“Hari Rabu ini rencananya diteken perjanjian kerjasamanya,” kata Gubernur Ansar beberapa saat usai kegiatan penandatangan nota kesepakatan KUA-PPAS Perubahan Tahun 2021 di Kantor DPRD Kepri, Seni (13/9/2021).

Gubernur menjelaskan, setelah nota kesepakatan kerjasama itu diteken, maka nantinya Pemerintah Provinsi akan lebih gencar mensosialisasikannya kepada masyarakat.

“Karena ini awal, maka perlu disosialisasikan, supaya masyarakat yang berhak menggunakan dana ini menjadi tahu. Sebenarnya target kita MoU ini tanggal 10 September lalu ditandatangani, maka nya kita akan desak terus itu, supaya cepat disalurkan,” jelas Ansar..

Ansar juga menginginkan agar Bank daerah bisa seperti Bank Nasional yang bisa bekerja dengan cepat dan tidak terlalu lama dalam bekerja, dengan proses tidak berbelit-belit.

“Karena kemarin terkait bantuan UMKM kita telah sepakat bekerjasama dengan Bank Riau Kepri, ya mudah mudahan Rabu ini bisa kita teken, dan Bank Riau Kepri juga bisa mempersiapkannya dengan cepat,” demikian Ansar.

Sebagaimana diberitakan, bahwa bantuan modal usaha tanpa bunga ini, karena bunganya ditanggung Pemerintah Provinsi Kepri. Upaya ini ditempuh salah satunya untuk mendongkrak ekonomi Kepri di masa pandemi COVID-19.

Program pinjaman lunak tanpa bunga ini, salah satu langkah untuk menjaga eksistensi UMKM. Karena UMKM sendiri merupakan basis ekonomi kerakyatan yang harus dipupuk, dijaga dan dipelihara agar mampu menjadi roda ekonomi kerakyatan yang handal.

Penulis: Redaksi
Editor: Ogawa

Comments
Loading...