Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Positif Covid Cluster Ponpes di Bintan Bertambah Jadi 39 Orang

Camat Toapaya Nepy Purwanto saat meninjau lokasi isolasi pasien Covid-19 di LPMP Kepri Ceruk Ijuk (Foto:Hasura/ presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Jumlah kasus positif Covid-19 di salah satu Pondok Pesantren di Bintan kembali bertambah 39 orang. Jumlah ini merupakan tambahan dari 4 kasus dari cluster Pondok Pesantren yang sebelumnya ditemukan Satuan tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Kabupaten Bintan.

Kepala Dinkes Bintan dr Gama AF Isnaini, mengatakan 39 kasus baru dari cluster Pondok Pesantren itu, merupakan hasil tracing (Penelusuran-red) yang dilakukan dari 4 kasus positif Covid yang ditemukan sebelumnya.

“Dari Hasil PCR Swab tracing yang kita lakukan, dan hasilnya kami terima pada Rabu (15/9/2021) kemarin, 39 dinyatakan positif covid. Dari jumlah itu, 35 diantaranya adalah Santri dan 4 orang adalah pengurus Pondok,” ungkapnya, Kamis (16/9/2021).

Ke 35 santri yang terkonfirmasi positif tersebut berusia 12-14 tahun. Kemudian 4 pengurus ponpes terdiri dari 3 laki-laki berusia 27-36 tahun dan 1 perempuan berusia 33 tahun.

Sebagian besar dari Pasien kata Gamma juga mengalami gejala demam, batuk, pilek, sakit kepala, mual, muntah, lemas, sakit tenggorokan, anosmia, sesak napas, dan sakit perut. Sementara, 8 orang lainnya tidak mengalami sakit dengan gejala apapun.

“Santri dan pengurus ponpes yang positif saat ini diisolasi di LPMP Kepri Ceruk Ijuk,” ujarnya.

Diluar cluster ponpes Toapaya lanjut Gamma, pihaknya juga menemukan 4 kasus tambahan, warga positif Covid-19 pada hari yang sama. Ke 4 warga Bintan itu adalah Ap (8) perempuan asal Kampung Budi Mulya Kecamatan Bintan Timur, Fsa (10) laki-laki asal Jalan Pangling Kecamatan Bintan Timur, Fz (30) perempuan asal Teluk Sasah Kecamatan Seri Kuala Lobam dan Ys (68) laki-laki asal Sei Lekop Kecamatan Bintan Timur.

“Dari 4 orang ini hanya 1 orang yang menjalani isolasi di RSUD Bintan, ¬†selebihnya menjalani isolasi mandiri,” katanya.

Gama mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bintan, agar tetap menaati protokol kesehatan (Prokes) dalam kehidupan sehari-hari.dan masyarakat mendukung program vaksinasi dengan ikut serta melakukan vaksinasi sehingga daya tahan tubuh semakin kuat.

“Dengan menerapkan proses dan 5M serta ikut divaksin akan dapat mencegah penyebaran covid-19,” ucapnya.

Penulis:Hasura
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...