Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

MA Tolak PK Mantan Gubernur Kepri Nurdin Basirun

Nurdin Basirun. (Foto : Ismail/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Jakarta – Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan Peninjauan Kembali (PK) mantan Gubernur Kepri periode 2016-2021, Nurdin Basirun.

Dengan demikian Nurdin tetap menjalani hukuman 4 tahun penjara sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat tertanggal 9 April 2020.

Pengacara Nurdin Basirun, Andi Asrun, mengatakan dengan ditolaknya permohonan PK tersebut, maka kliennya tetap harus menjalani putusan hukuman 4 tahun penjara di lembaga pemasyarakatan (LP) Sukamiskin.

Sementara, saat ini beliau sudah menjalani setengah masa hukumannya.

“Saya berharap Nurdin dapat sabar menjalani hukuman penjara. Saya juga berharap istri dan anak-anak Nurdin Basirun di Singapore ikhlas atas takdir Nurdin Basirun atas musibah ini,” ucapnya, Jumat (17/9/2021).

Diakuinya, hingga saat ini ia belum bisa bertemu dengan Nurdin Basirun. Hal tersebut dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang membatasi kunjungan untuk narapidana.

Namun demikian, kondisi kesehatan beliau relatif baik. Bila pun sakit, pelayanan kesehatan dari LP cukup baik dan juga cepat dirujuk ke RS terdekat bila membutuhkan. Yang bersangkutan pun seperti biasa taat beribadah dan meluangkan waktunya di masjid LP Sukamiskin.

“Saat ini Nurdin Basirun telah menjalani separuh dari masa hukumannya,” tutur Asrun.

Sebelumnya mantan Gubernur Kepri Nurdin Basirun divonis 4 tahun penjara, denda Rp200 juta subsider 3 bulan kurungan, serta uang pengganti Rp 4,228 miliar subsider 6 bulan oleh hakim PN Jakarta pusat, karena terbukti menerima suap/gratifikasi terkait izin pemanfaatan ruang laut di Provinsi Kepri.

Selain itu, mantan Bupati Karimun 2 periode ini juga dicabut hak politiknya selama 5 tahun.

Penulis : Ismail
Editor. : Redaksi

Comments
Loading...