Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Lawan Berita Hoaks, AJI dan HMIP-UMRAH Tanjungpinang Gelar Seminar dan Lomba Video

Mahasiswa HMIP-UMRAH saat memandu seminar dan Lomba Video secara daring “Lawan Berita Hoaks” dari Sekretariar AJI Tanjungpinang, Minggu (19/9/2021) (Foto:AJI kota Tanjungpinang)   

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kota Tanjungpinang bersama Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HMIP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menggelar seminar “Waspada Hoaks Di Masa Pandemi”, Minggu (19/09/2021).

Seminar yang diikuti 147 peserta ini dilakukan melalui daring dengan 3 pemateri yang dipandu dari sekretariar AJI kota Tanjungpinang.

Tiga pemateri yang hadir terdiri dari Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Yudhanto, Kanit Tipiter Satreskrim Polres Tanjungpinang, Ipda Rizki Yudianto serta Ketua AJI Tanjungpinang Jailani.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti seminar ketika masing-masing narasumber menyampaikan materinya yang dilanjutkan dengan tanya jawab yang dibuka Moderator Derlina Siregar.

Di sesi tanya jawab, panitia juga menyediakan doorprize berupa pulsa gratis kepada 3 peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari narasumber.

Ketua HMIP FISIP kampus UMRAH, Conni mengatakan, seminar “Waspada Hoaks Di Masa Pandemi” merupakan upaya yang dilakukan mahasiswa dan dan AJI Tanjungpinang dalam melawan berita bohong melalui edukasi kepada masyarakat atas maraknya berita bohong atau hoaks pada masa pandemi saat ini.

“Untuk sampainya informasi edukasi maka kami bersama AJI Tanjungpinang mengadakan kegiatan ini. Sebab dalam pengurusan AJI merupakan organisasi wartawan dari berbagai Media yang kompeten,” ujarnya.

Selain seminar lanjut Conni, kegiatan lain juga masih dilangsungkan yaitu; lomba video dengan tema yang dibahas dalam seminar, dan setiap peserta dapat mengikuti.

“Untuk syarat dan ketentuan silahkan lihat dari laman instagram dan facebooknya AJI Tanjungpinang dan HMIP,” ucapnya.

Ketua AJI Tanjungpinang Jailani, menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa dengan AJI Tanjungpinang merupakan Literasi bagi mahasiswa dan peserta akan pentingnya memastikan dan mendalami setiap informasi yang didapat.

“Tujuannya agar setiap orang yang menerima informasi, tidak terjebak dengan misinformasi dan Disinformasi. Bahkan turut memberikan informasi yang salah khususnya di tengah pandemi Covid-19 sekarang,” ujarnya.

Setiap informasi lanjut Jailani, perlu diverifikasi (check and recheck) kebenaran dan sumbernya sebelum akhirnya disebar dan diketahui khalayak, hingga tidak membuat keresahan di tengah-tengah masyarakat.

“Mahasiswa yang dikenal sebagai agen perubahan tentunya juga punya tanggung jawab moral untuk turut menyampaikan informasi yang benar”

AJI Kota Tanjungpinang sebagai organisasi Jurnalis, juga terus memperkuat kapasitas Literasi terhadap Media, isu dan Informasi melalui pelatihan Cek Fakta, Pelatihan jurnalisme data dan penggunaan tools software dalam memastikan sebuah informasi, photo atau gambar merupakan karya original atau bohongan.

Selanjutnya, Output dari pelatihan yang diterima Jurnalis yang tergabung dalam AJI itu, dituangkan dalam menghasilkan karya jurnalistik yang profesional dan tidak membuat berita bohong atau salah.

Melalui Seminar ini, AJI Melalui Divisi SDM dan Pendidikan juga membagikan ilmu yang diperoleh kepada adik-adik mahasiswa, dapat lebih peka dalam menangkap setiap informasi.

Penulis:Redaksi
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...