Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Menko Marvest Apresiasi Upaya Gubernur dan TNI dalam Penanganan Dan Pemulangan PMI di Kepri 

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Menteri Koordinato Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan dan sejumlah menteri lainya, mengapreasiasi upaya Gubernur dan TNI/Polri dalam penanganan Kedatangan dan pemulangan Pekerja Migran (PMI) dari luar negeri dan masuk ke wilayah Kepri.

Dalam kesempatan ini Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, langkah dan kebijakan Gubernur Kepulauan Riau dan TNI/Polri dengan kerja keras, serius dan fokus membantu pemerintah pusat dalam penanganan PMI.

Sebelumnya, menteri Perhubungan Karya Sumadi yang melalukan sidak dan melihat langsung ke lokasi, juga menilai, penanganan PMI yang masuk ke Kepulauan Riau sudah sangat bagus.

Mulai dari test PCR, penanganan PMI yang terkonfirmasi Covid dan yang tidak, semua dilakukan sesuai prosedur yang sudah ditetapkan.

Baca Juga

Pusat Beri Dukungan Penanganan PMI di Kepri

Khusus untuk para PMI yang keluar dan masuk melalui jalur Kepri, Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga menyampaikan dalam penanganan para PMI yang keluar dan masuk jalur Kepri, dilakukan pengetatan dan pemeriksaaan melalui PCR, Perawatan, Isolasi dan pemulangan.

“Pemerintah di daerah bersama TNI dan Polri dan Karantina, terus bekerja sama di lapangan dalam menjalankan tugas dengan baik. Petugas di lapangan menjadi garda terdepan dalam menjaga agar penyebaran COVID-19 di Kepri bisa dihentikan,” ujar Ansar.

Penanganan serius lanjut Ansar, akan terus dilakukan agar kasus COVID-19 di Kepulauan Riau yang terus menurun tetap terjaga dan para PMI terkonfirmasi Covid tidak menimbulkan kasus baru.

Rapat ini diikuti juga oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menhub Budi Karya Sumadi dan sejumlah Gubernur di seluruh Indonesia.

Rapat yang dilakukan melalui video conference (vidcon) saat itu khusus membahas penanganan karantina bagi orang yang Melakukan Perjalanan dari Luar Negeri atau Perjalanan Migran Indonesia (PMI).

Tujuan rapat ini tak lain untuk  membahas tentang bagaimana menangani masuknya Pekerja Migran Indonesia (PMI) agar tidak menimbulkan cluster baru penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Kepulauan Riau sendiri yang merupakan bagian dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan menjadi pintu masuk dan keluar PMI.

Penulis :Redaksi
Editor.   :Redaksi 

Comments
Loading...