Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Dua ABK KLM.Tirta Mulya Yang Tenggelam di Batam Belum Ditemukan

Tim SAR Gabunga masih melakukan Pencarian terhadap dua ABK KLM.Tirta Mulya yang tenggelam di Batu Ampar Batam.(Foto:Istimewa) 

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Dua Anak Buah Kapal (ABK) KLM.Tirta Mulya GT 142 yang tenggelam di Perairan Batu Ampar Kota Batam, Minggu(19/9/2021) belum ditemukan.

Tim SAR mengatakan, hingga saat ini masih terus melakukan pencariaan pada dua ABK KLM.Tirta Mulya, Abdul Gani dan Sopian yang hilang.

Plh.Kepala Basarnas Tanjungpinang yang juga Kepala Seksi Operasi dan Siaga Miswadi, mengatakan pencariaan terhadap dua ABK kapal tersebut dilakkan dengan dua regu.

“Regu pertama dari Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Batam bersama Polair melaksanakan pencarian dengan menyisir sekitar lokasi kejadian menggunakan unsur yang dimiliki,” ujarnya.

Sedangkan regu kedua Tim dari Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Batam bersama tim SAR Gabungan, melaksanakan pencarian dengan penyelaman untuk menelusuri kedalam kapal.

“Penyelaman dilakukan untuk memastikan apakah korban tersangkut didalam kapal,” sebutnya.

Sebelumnya, KLM.Tirta Mulya GT 142 mengalami kebocoran sebelum akhirnya tenggelam di titik koordinat 01° 09,725′ U – 103°59,198′ T Perairan Batu Ampar Kota Batam.

Kronologis kejadian berawal pada saat KLM. Tirta Mulia berangkat dari Pelabuhan Batu Ampar ke Anchorage untuk perbaikan kebocoran pada lambung kapal bagian belakang (Kamar Mesin).

Kapal KLM.Tirta Mulia ini mengangkut semen dengan awak ABK sebanyak 6 orang, diantaranya Nurdin sebagai Nahkoda, Ahmad sebagai KKM, Abdul Gani sebagai mualim I, dan Sumadi Mualim II, Sedangkan juru mudi adalah Husen dan juru masak Hasim.

Sebelum tenggelam, KM.Tirta Mulia juga sempat melakukan Lego jangkar di perairan Batu Ampar kemdian dua orang ABK.Zaqiah naik ke atas KLM. Tirta Mulia untuk membantu kebocoran.

Namun kerika berupaya menolong dengan memasang pompa alat kontruksi (Alkon) pada Kapal KLM Tirta Mulia, Secara tiba-tiba air masuk kedalam kapal dan membuat Kapal tersebut karam.

Penulis :Roland
Editor   :Redaksi

Comments
Loading...