Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Edarkan Narkoba Sabu di Bintan, Budi Utomo Divonis 6.6 Tahun Penjara

Sidang tuntutan terdakwa Narkoba Sabu Bintan, Budi Utomo Divonis 6.6 Tahun Penjara di PN Tanjungpinang. (Foto: Roland/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pengedar Narkoba di Bintan Terdakwa Budi Setia Utomo, dituntut 6 tahun dan 6 bulan penjara denda Rp.2 miliar subsider 3 bulan kurungan.

Tuntutan dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Eka di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Selasa(21/9/2021).

Dalam tuntutannya, Jaksa menyatakan terdakwa tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman beratnya 5 gram sebagaimana dakwaan pertama melanggar pasal 114 Ayat 2 Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Menuntut terdakwa dengan tuntutan pidana penjara selama 6 tahun dan 6 bulan, dan denda Rp 2 miliar subsider 3 bulan kurungan penjara,”kata Eka.

Sementara itu barang bukti narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 11,09 gram, handphone merk oppo dan timbangan digital dirampas untuk dimusnahkan.

Atas tuntutan itu terdakwa akan mengajukan pembelaan secara tertulis pada persidangan yang akan datang.

Mendengar itu Ketua Majelis Hakim Anggalanton Boang Manalu serta didampingi oleh Majelis Hakim Topan dan Guntur menunda persidangan dengan agenda pembacaan pembelaan oleh terdakwa, Selasa(5/10/2021).

Dalam dakwaan JPU, berawal pada saat Babe (DPO) menghubungi terdakwa untuk mengambil untuk mengambil kantong plastik warna hitam yang di dalam kantong itu terdapat narkotika jenis sabu yang sudah dikemas di dalam 1 buah kaleng rokok merk Gudang Garam dan 1 unit timbangan digital warna hitam bertuliskan pocket scale di tepi Jalan Peralatan Batu 7 Tanjungpinang.

Setelah terdakwa mendapatkan Narkotika jenis sabu tersebut dari Babe melalui arahan darinya terdakwa mengambil di tepi Jalan Peralatan Batu 7 Tanjungpinang.

Setelah itu terdakwa langsung kembali ke rumahnya yang berada di Perumahan Indotekon Kampung Baru Kelurahan Tanjung Uban Utara Kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan untuk menyimpan narkotika jenis sabu tersebut di belakang rumah tepatnya di lantai samping dinding tembok rumah.

Terdakwa dijanjikan imbalan sebesar Rp 1 juta setelah berhasil mengantarkan narkoba itu kepada orang yang akan menjemputnya.

Berdasarkan informasi masyarakat bahwa ada seorang laki laki yang mengedarkan narkoba jenis sabu-sabu. Kemudian anggota Satres Narkoba Polres Bintan langsung melakukan penangkapan dan penggeledahan di rumah terdakwa di Perumahan Indotekon Kampung Baru Kelurahan Tanjung Uban Utara Kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan, Senin(7/5/2021).

Saat penggeledahan ditemukan 1 buah kaleng rokok merk Gudang Garam yang didalamnya terdapat 1 buah alat hisap sabu atau bong, 3 paket kecil narkotika jenis sabu dibungkus plastik bening, 1 paket kecil narkotika jenis sabu dibungkus plastik klip bening, yang seluruhnya sebanyak 11,09 gram, dan handphone Oppo A5.

Penulis : Roland
Editor. : Redaksi

Comments
Loading...