Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tiga Tersangka Asusila Predator Anak Dilimpahkan Polisi ke Jaksa

*Tersangka Merupakan Oknum Ustad, Mantan Lurah dan Karyawan Toko Emas

Tiga Tersangka predator asusila anak dibawah umur, masing-masing Oknum Ustad, Lurah dan Pekerja Toko Mas digiring penyidik Polres Tanjungpinang untuk dilimpahakan ke Kejaksaan.(Foto:Roland/Presmedia.id) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Tiga tersangka asusila predator anak dibawah umur, masing-masing mantan Lurah Tanjungpinang Kota tersangka Erwan, Oknum Ustad tersangka Zaki dan Karyawan Toko Emas tersangka Erwin, dilimpahkan penyidik Sat Reskrim Polres Tanjungpinang ke Jaksa Penuntut di Kejaksaan Negeri, Kamis (23/9/2021).

Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang, menyatakan pelimpahan Tahap II (tersangka dan Barang Bukti) kasus dugaan pencabulan itu dilakukan poenyidik Polres setelah sebelumnya BAP penyidikan perkaranya dinyatakan lengkap dan siap dilakukan penuntutan.

Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum), Sudiharjo melalui Jaksa Penuntut Umum (JPU) Wirayanu, mengatakan selain menerima pelimpahan tiga tersangka, pihaknya juga menerima sejumlah barang bukti dalam berkas terpisah dari perkara tersebut.

“Tiga tersangka ini dituntut dalam tiga berkas atas dugaan pencabuli
satu korban anak dibawah umur usia 13 tahun. Sedangkan untuk tersangka Erwan, korbanya ada dua orang dan dituntut dalam satu Berkas Acara Pemeriksaan (BAP),” papar Yanu.

Dari sedikit uraian BAP perkara lanjut Yanu, tersangka Erwan membantah melakukan persetubuhan terhadap korban. Tetapi mengaku hanya memegang bagian intim korban. Dan atas perbuatanya, terduga pelaku dijerat dengan pasal 82 ayat 1 UU Nomor 17 tahun 2016 Tentang Perlindungan Anak jo Pasal 65 KUHP.

Sedangkan untuk dua tersangka Zaki dan Erwin dalam BAP-nya mengakui melakukan hubungan badan layaknya suami istri terhadap korban. Atas perbuatanya, kedua tersangka dijerat dengan pasal 81 ayat (2) UU Nomor 17 tahun 2016 tentang perlindungan Anak jo pasal 64 KUHP.

Dengan dilimpahkan Berkas, Tersangka dan barang bukti kasus dugaan asusila ini, Jaksa Penuntut di Kejaksaan Negeri Tanjungpinang akan segera melimpahkan berkas perkaranya ke Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang untuk segera disidangkan.

Sebelumnya, Polres Tanjungpinang menetapkan tiga tersangka yang berprofesi sebagai Ustadz, Oknum Lurah dan Pekerja Toko Mas ini sebagai tersangka asusila terhadap korban anak dibawah umur sejak 2019 hingga 2021.

Terbongkar kasus pencabulan terhadap anak dibawah umur ini, berawal dari kecurigaan istri salah seorang pelaku yaitu tersangka Erwan pada Cheat bernada seksual di Handphone korban.

Atas kecurigaan itu, selanjutnya korban menceritakan apa yang dialaminya kepada istri pelaku yang tidak lain adalah masih keluarganya.

Korban saat itu juga menceritakan hal yang dialami kepada Ibunya, hingga akhirnya, mendengar cerita anaknya ibu korban melapor ke Polres Tanjungpinang.

Dari penyidikan Polisi, ternyata korban yang merupakan anak dibawah umur ini, telah dicabuli guru sekolahnya sejak 2019 lalu, Dan bahkan derita korban kembali berlanjut dengan ulah bejat mantan Oknum Lurah, demikian juga karyawan toko emas yang juga ikut menggagahinya.

Penulis:Roland
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...