Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Siap-Siap, PLN Akan Lakukan Pemadaman Listrik Secara Bergilir di Bintan

Petugas PLN melakukan perbaikan di salah satu trafo listrik di Bintan. (Foto : Hasura/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – PT.Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan melakukan pemadaman listrik secara bergilir di Kabupaten Bintan. Pemadaman itu akan mulai dilaksanakan pada Oktober 2021 mendatang.

Manager PLN Rayon Kijang Lai Suarni, mengatakan PLN Rayon Kijang mendapatkan tugas melakukan pemadaman terencana dalam 2 bulan sekali. Pemadaman itu dilakukan karena adanya pemeliharaan jaringan listrik skala besar.

“Kita cuma dapat padam terencana per 2 bulan untuk melakukan pemeliharaan skala besar,” ujar Lai Surani, Kamis (23/9/2021).

PLN Rayon Kijang lanjutnya, memiliki wilayah kerja jaringan kelistrikan di 5 kecamatan, mulai dari Kecamatan Bintan Timur, Gunung Kijang, Toapaya, Teluk Bintan, dan sebagian wilayah Teluk Sebong.

Di 5 kecamatan tersebut, terdapat 7 penyulang yang mengalirkan listrik kepada 35 ribu pelanggan di Bintan.

“Jadi penyulang-penyulang itu yang jadi sasaran dalam pemeliharaan. Dan pemeliharaannya dilakukan secara bertahap tidak sekaligus,” jelasnya.

Pemeliharaan jaringan ini, lanjutnya mengakibatkan dilakukannya pemadaman. Dan selama pemeliharaan, akan dilakukan penggantian komponen JTM, Row atas jaringan, perampalan atau penebangan pohon-pohon yang mengganggu jaringan serta perbaikan jika trafo yang sudah over beban.

Sebelumnya kata Lai Suryani, pemeliharaan jaringan terakhir dilakukan pada Agustus 2021 lalu. Kemudian akan dilaksanakan kembali pada pekan kedua Oktober dengan sasarannya penyulang yang berada di Kecamatan Bintan Timur.

“Pemadaman selanjutnya akan dilakukan Oktober mendatang. Tepatnya minggu ke 2 dengan lokasi pemeliharaan jaringan di Tambak serta Km 18 Kijang,” katanya.

Dalam proses pemadaman, pihak PLN tidak melarang masyarakat menggunakan genset sebagai alternatif sumber kelistrikan. Namun diminta untuk penggunaan genset dipisah dengan instalasi PLN.

Penulis:Hasura
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...