Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Program PISEW Aspirasi Cen Sui Lan, Ubah Jalan Desa Telaga Tujuh dan 25 Desa Lainya di Kepri Jadi Mulus

Jalan Desa Telaga Tujuh kecamatan Durai Kabupaten Karimun hasil ususlan aspirasi anggota DPR-RI Dapil Kepri Cen Sui Lan telah selesai dibangun dan sudah bisa dimanfaatkan warga. (Foto:Istimewa) 

PRESMEDIA.ID, Karimun – Senyum sumringah dan bahagia penduduk terpancar kala mendayung sepeda dan menggunakan sepeda Motor dijalan mulus sepanjang kiloan meter Desa Telaga Tujuh Kecamatan Durai Kabupaten Karimun, Senin (27/9/2021.

Jalan desa yang sebelumnya rusak parah  ini, kini terlihat mulus dan indah, setelah tersentuh pembangunan pusat melalui Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Kementerian PUPR usulan anggota DPR-RI Kepri Cen Sui Lan.

Madun seorang warga desa setempat mengatakan, awalnya jalan warga di Desa Telaga Tujuh Kecamatan Durai Karimun itu sudah lama rusak parah dan dikeluhkan warga. Kendati sudah pernah disampaikan ke Pemerintah daerah namun tak kunjung dapat dibangun akibat keterbatasan anggaran.

Selanjutnya, warga setempat menyampaikan kondisi jalan itu kepada Anggota DPRD Kabupaten Karimun Fraksi Golkar Raja Rafiza. Oleh Anggota Dewan Karimun itu, aspirasi warga disampaikan kepada Cen Sui Lan Anggota DPR RI dari Dapil Kepri.

Atas usulan itu, selanjutnya Cen Sui Lan memasukan program pembangunan Jalan Desa Telaga Tujuh Durai Karimun itu, bersama 25 jalan desa lainya di Kepri dalam usulan aspirasi ke pemerintah pusat melalui Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Kementerian PUPR.

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Daerah Pemilihan (Dapil) Kepulauan Riau (Kepri) Cen Sui Lan mengatakan, sebagai anggota Dewan perwakilan dari Dapil Kepri, pihaknya memiliki tangungjawab besar terhadap kebutuhan infrastruktur dana ekonomi Daerah, tidak terkecuali jalan Desa Telaga Tujuh Durai Karimum serta desa lainya di Kepri.

Atas aspirasi warga itu jelas, pihaknya mengajukan pembangunan sejumlah infrastruktur jalan di Kepri itu ke Kementerian PUPR. Selanjutnya melalui Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Kementerian PUPR memasukan program tersebut ke Balai Pelaksana Prasarana Infrastruktur Wilayah (BP2IW) Provinsi Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

“Tahun anggaran 2021 ini ada 25 desa di Provinsi Kepri yang mendapat bantuan PISEW ini, Dari 25 desa yang mendapat program ini satu di antaranya adalah Desa Telaga Tujuh, Kabupaten Karimun dan saat ini progress pelaksanaan jalan itu sudah selesai dibangun dan saat ini sudah bagus,” ujarnya.

Selain di Desa Telaga Tujuh, program PISEW dari APBN atas usulan aspirasi Cen Sui Lan, juga dikerjakan BKAD Desa Tanjung Batu Kecil dan Desa Tanjung Hutan di Kecamatan Buru Kabupaten Karimun.

Demikian juga program PISEW untuk pembangunan dermaga tambatan perahu nelayan di Desa Cemaga Utara, Kecamatan  Desa Cemaga Utara, Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna.

Pada intinya, lanjut Kader Partai Golkar Kepri ini, Pemilihan lokasi Desa Telaga Tujuh Kecamatan Durai ini juga mendapatkan masukan dari Raja Rafiza sebagai anggota DPRD Karimun. Dan setiap program aspirasi yang dieksekusi Cen Sui Lan, juga selalu melibatkan kader Golkar di tingkat kabupaten/kota se-Provinsi Kepri.

“Dari awal perencanaan program PISEW di Telaga Tujuh ini, beliau (Raja Rafiza) sangat aktif sekali,” sebut Cen Sui Lan.

Atas telah dibangunya jalan desa Telaga Tujuh itu, Cen Sui Lan juga mengaku sangat puas hingga bermanfaat dan dapat digunakan masyarakat.
Selain mengajukan program melalui Aspirasi, Cen Sui Lan mengaku, juga terus memonitor pelaksanaan pengerjaan jalan nya, karena menurutnya, sangat sayang, jika infrastruktur jalan yang sangat dibutuhkan masyarakat itu, dikerjakan asal-asalan.

“Peningkatan jalan desa program program PISEW di Telaga Tujuh kecamatan Durai Karimun ini menghabiskan dana Rp 600 juta. Pekerjaan dilaksanakan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) setempat,” katanya.

Direncanakan, pada Pertengahan Oktober 2021 ini, pihaknya juga akan turun melihat sekaligus meresmikan penggunaan jalan Desa Telaga Tujuh Kecamatan Durai yang sudah mulus dan mengkilap itu.

Sementara itu, BKAD Desa Telaga Tujuh sebagai pelaksana kegiatan padat karya ini, juga mengucapkan terima kasih kepada Cen Sui Lan dan Raja Rafiza serta dukungan dari semua pihak terkait, karena sudah menempatkan program PISEW di Desa Telaga Tujuh, Kabupaten Karimun.

“Melalui program ini, manfaatnya sangat dirasakan masyarakat. Tidak hanya bagi masyarakat Desa Telaga Tujuh. Tapi juga dinikmati oleh masyarakat di Kecamatan Durai lainya,” ujar pengurus BKAD di Karimun.

Penulis:Redaksi
Editor :Redaksi

Comments
Loading...