Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ringkus Dua Pelaku, Begini Cerita Zainudin Dijemput, Dibunuh dan Jasadnya Ditemukan

Mobil Avanza VVi Putih milik Zainudin yang ditermukan di Danau Biru Kawal dalam kondisi rusak parah,

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Penyidik Kepolisian Resort (Polres) Tanjungpinang dan Dirkrimum Polda Kepri masih terus mengembangkan kasus pembunuhan bos besi tua Tanjungpinang korban Zainudin.

Sejak dilaporkan istrinya, Eni Merlin hilang ke Polres Tanjungpinang pada 8 September 2021 lalu, Misteri kasus pembunuhan Zainudin diawali dengan penemuan mobil Innova vvi warna putih yang digunakan korban dalam kondisi ringsek atau hancur di Danau Biru Kawal Gunung Kijang pada Jumat (23/9/2021).

Dari temuan itu Polres Tanjungpinang menyatakan, Bos Besi tua pemilik Gudang di Km 8 Tanjungpinang itu merupakan korban Pembunuhan. Atas kasus itu, selanjutnya Kepolisian melakukan penyelidikan dan perburuan terhadap pelaku.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Fernando, mengungkapkan anggota Satreskrim Polres Tanjungpinang bersama Dirkrimum Polda Kepri ringkus pelaku pembunuhan Zainudin di Tembilahan Riau.

“Selanjutnya atas petunjuk dan interogasi pelaku ditemukan jasad korban yang dikubur di sekitar hutan Ekang Aculai,” ujarnya Senin (27/9/2021).

Saat ditemukan, lanjut Fernando, jasad korban dalam kondisi terkubur tetapi tidak dalam.

Dari penangkapan Zl alias Joy, selanjutnya Polisi juga menangkap Dd teman Zl yang diduga turut membantu pembunuhan korban.

Kasatreskrim Polres Tanjungpinang, AKP Rio Reza Parindra membenarkan penangkapan kedua pelaku pembunuhan Zainudin tersebut. Kedua pelaku berinisial Zl alias Joy bersama rekannya Dd.

Kedua pelaku kata Rio, dibekuk di dua tempat berbeda. Zl alias Joy yang diduga sebagai otak pelaku ditangkap di Tembilahan kabupaten Indragiri hilir-Riau. Sementara Dd teman Zl ditangkap di Tanjungpinang.

“Ya dua pelaku sudah ditangkap. Salah seorangnya ditangkap di Riau,” kata Rio.

Dihimpun dari berbagai serta informasi yang diperoleh Media, rencana pembunuhan Zainudin diduga telah direncanakan terduga pelaku Zl alias Joy. Hal itu ditandai, ketika pelaku Joy mengajak DD untuk menjemput korban Zainudin ke gudang miliknya, lokasi jual beli besi tua di jalan Raja Haji Fisabililah KM 8 Kota Tanjungpinang, Minggu (5/9/2021) sore.

Kedua pelaku dari informasi yang diperoleh Media, merupakan pelanggan korban yang sering menjual besi tua kepadanya. Sesampainya ditempat usaha korban, kedua pelaku mengajak korban untuk melihat besi tua yang akan di jual di kawasan Kijang Kabupaten Bintan.

Masih dari informasi yang diperoleh, Selanjutnya, korban mengikuti ajakan pelaku Jo, dengan menggunakan mobil Avanza milik korban.

Setelah tiba di kawasan Bintan, Korban diduga dibunuh dan dieksekusi di dalam mobilnya. Kedua pelaku Zl alias Joy dibantu Dd menjerat leher korban menggunakan tali yang sebelumnya telah disiapkan pelaku.

Setelah menghabisi nyawa korban, kedua pelaku selanjutnya membawa jasad korban ke Km 58 Desa Belak kecamatan Teluk Sebong Kabupaten Bintan. Di daerah itu, kemudian jasad korban dikubur tidak jauh dari bawah tiang Saluran Tegangan Tinggi (Sutet)

Setelah itu, kedua pelaku membawa mobil dan barang korban ke Danau Biru Kawal Bintan. Selanjutnya, Mobil korban kemudian ditenggelamkan di danau tersebut. Setelah mobil tenggelam, Joy menyerahkan uang sebesar Rp 3,5 juta yang diduga milik korban kepada DD.

Dari danau biru itu, kemudian dua pelaku berjalan kaki menuju kawasan Galang Batang. Selanjutnya, pelaku menghubungi rekannya untuk dijemput menggunakan mobil.

Dua pelaku bersama dua rekannya itu, dikatakan sumber juga sempat makan bersama di kawasan Bintan Plaza Tanjungpinang. Setelah itu baru keduanya pulang ke rumah masing-masing.

Keesokan harinya, Senin (6/9/2021), pelaku Joy memberikan dua unit ponsel beserta ATM kepada DD. Setelah itu Joy kemudian pergi dan tidak pernah lagi menghubungi DD.

Pada hari itu juga Joy mengajak serta istri dan anaknya menyewa speed boat menuju Batam lalu ke Selat Panjang-Riau. Selanjutnya, Joy membeli satu unit sepeda motor seharga Rp28 juta.

Joy kemudian pergi menggunakan sepeda motor menuju Bengkalis Riau. Namun tak lama setelah mobil korban ditemukan dalam kondisi ringsek dan rusak parah. Polisi berhasil ringkus terduga pelaku Zl alias Joy di Tembilahan.

Penulis:Roland
Editor :Redaksi

Comments
Loading...