Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kabur ke Riau, Begini Perburuan Polisi Tangkap Dua Pelaku Pembunuh Zainudin

Dua pelaku Pembunuhan dan perampokan korban Zainudin, Tersangka Zi (Baju kemeja motif bunga membelaking) dan tersangka Ra alias Dd (Baju kaos dan Gondrong) dibawa Polisi dari Riau ke Tanjungpinang (Foto:Roland/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Dua tersangka pelaku pembunuhan Zainudin di Bintan tersangka Zi alias Joy serta Ar alias Dd di tangkap Polisi di Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu Provinsi Riau.

Saat ini, kedua pelaku telah dibawa penyidik dari Riau ke Polres ke Tanjungpinang.

Kasatreskrim Polres Tanjungpinang,AKP.Rio Reza Parindra mengungkapkan, penangkapan kedua pelaku, dilakukan dari penyelidikan atas laporan isteri korban yang melaporkan bahwa suaminya hilang dan tidak pulang kerumah sudah 3 hari.

Sementara nomor Handphone korban, yang sebelumnya sempat dihubungi istri korban masih aktif, saat melapor juga sudah tidak dapat dihubungi.

Atas laporan itu kata RIo, selanjutnya tim Jatanras Satreskrim Polres Tanjungpinang melakukan penyelidikan. Dari penyelidikan yang dilakukan, Polisi mendapatkan informasi bahwa mobil korban ditemukan tenggelam di Danau Biru Kawal Gunung Kijang Kabupaten Bintan, pada Kamis (24/9/2021).

Dengan kerjasama dengan Basarnas, Mobil korban pun berhasil dievakuasi dari danau Biru Bintan.

“Selanjutnya dibantu Dirkrimsus Polda Kepri kami berhasil mengendus keberadaan tersangka Zi alias Joy yang saat itu sudah di daerah Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir,” sebutnya, Rabu (29/9/2021).

Dengan keberadaan terduga pelaku, Polisi langsung mengejar burunya, Hingga akhirnya Zi berhasil ditangkap di Indragiri hilir. Dari penangkapan itu, Zi mengakui pembunuhan dan perampokan yang dilakukan serta memberitahukan keberadaan jasad korban yang dikubur di bawah tiang Saluran Tegangan Tinggi (Sutet) kampung Belat Desa Ekang Anculai Bintan.

“Tersangka Zi ini juga mengaku dalam melakukan kejahatanya, dia dibantu oleh rekanya bernama Ra alias Dd. Selanjutnya Ra kami tangkap di jalan Lintas Selatan, Desa Aurcina Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu, Senin (27/9/2021),” terangnya.

Dari pengembangan yang dilakukan, ternyata Zi alis Joy adalah otak pelaku pembunuhan dengan perampokan korban Zainudin.

Keduanya, sebut Kasat Reskrim juga mengaku menghabisi nyawa korban dengan cara menjerat leher korban dengan tali dari belakang di dalam mobil. Setelah itu, baru menguasai dan mengambil harta benda-nya korban berupa Uang Rp200 juta yang sebelumnya telah disiapkan korban untuk membeli besi tua.

“Setelah korban meninggal tersangka Zi alias Joy kemudian mengambil uang korban dari dashboard Mobil senilai Rp200 juta,” paparnya.

Saat ini kedua pelaku ZI dan Ar ditetapkan tersangka dan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Kedua tersangka juga telah dibawa kembali ke Tanjungpinang. Kedua tersangka dijerat dengan pasal 340 KUHP Tindak Pidana Pembunuhan Berencana dengan ancaman hukuman mati dan hukuman seumur hidup.

Penulis:Roland
Editor :Redaksi

Comments
Loading...