Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Maksimalkan Potensi Pertanian Kepri, Wagub Kepri Lantik Perempuan Tani Indonesia

Wakil Gubernur Kepri Hj.Marlin dan pengurus Perempuan Tani HKTI Kepri usai pelantikan di Batam.

PRESMEDIA.ID, Batam – Wakil Gubernur Hj Marlin Agustina lantik pengurus DPD Perempuan Tani (Pertani) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Kepri Masa Bhakti 2021-2026 di Hotel Pasific Palace, Batam, Rabu (29/9/2021).

Marlin mengatakan, meski sebagai daerah kepulauan, potensi pertanian Kepri tetap besar. Bahkan bisa terus ditingkatkan. Karena itu, potensi besar ini harus dimaksimalkan.

“Saat pandemi ini, sektor pertanian tetap tumbuh. Agustus kemarin pun Kepri bisa melepas ekspor produk pertanian ke seluruh negara. Ini menunjukkan potensi pertanian kita masih besar,” kata Wagub Marlin usai menghadiri

Agustus lalu, Wagub Marlin memang ikut melepas produk pertanian Kepri. Pelepasan ekspor itu dilakukan bersama Presiden Jokowi secara virtual.

Ekspor produk pertanian Kepri pun selalu mengalami peningkatan. Untuk tahun 2020, misalnya, ada peningkatan 14 persen lebih dibanding ekspor produk pertanian tahun 2019. Karena itu Wagub Marlin yakin potensi pertanian dan produk pertanian masih sangat besar.

Pelantikan DPD Pertanian HKTI Provinsi Kepri dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP Pertani HKTI Dian Noviati Susanto secara virtual dari Jakarta. Pengurus terpilih selanjutnya mengikuti pembacaan sumpah dan janji.

Usai melantik secara resmi, Dian Novianti Susanto mengatakan, kalau sektor pertanian di Indonesia masih menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Karena itu, pembangunan sektor pertanian masih menjadi prioritas kedepannya.

Menurutnya, pandemi covid 19 yang masih terjadi sampai saat ini, tidak serta merta menghantam sektor pertanian. Tetapi justru, sektor ini masih terus bertumbuh secara positif di tengah kondisi pandemi yang masih terus terjadi.

Hal ini membuktikan, sektor pertanian tidak terdampak dan justru terus tumbuh. Bahkan sektor ini, mampu terus mendorong tumbuhnya kedaulatan dan ketahanan pangan. Disisi lain, sektor pertanian ini pun terus mampu untuk menyediakan ketersediaan pangan.

Sementara Walikota Batam Muhammad Rudi, menyambut baik dilantiknya kepengurusan DPD Pertanian HKTI Kepri. Meski pengembangan sektor pertanian khususnya di Kota Batam, sejatinya tidak dikembangkan untuk sektor pertanian. Tapi mudah- mudahan sektor pertanian akan bisa dikembangkan di kabupaten/kota lain di Kepri, tuturnya.

Sedangkan Ketua DPD Pertani HKTI Provinsi Kepri Rina Sriatun Safitri menyebutkan, akan terus membantu Pemerintah Provinsi Kepri dalam upaya mendorong semakin majunya lagi sektor pertanian di Kepulauan Riau.

Dirinya juga yakin, kepengurusan baru ini akan terus menjadikan pertanian di Kepri makin berkembang pesat. Terutama pengembangan sektor pertanian yang akan menghasilkan aneka sayur mayur.

Penulis: Redaksi
Editor : Redaksi

Comments
Loading...