Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Temannya Dilepas Polisi, Ode Anwar Dihukum 5,6 Tahun Penjara

Disidang secara Virtual, Terdakwa Ode Anwar divonis 5 tahun dan 6 bulan penjara atas kepemilikan dan mengedarkan Narkoba sabu. (Foto:Roland/Presmedia.id) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Terdakwa Ode Anwar dihukum 5 tahun dan 6 bulan penjara oleh hakim di PN Tanjungpinang  atas kepemilikan dan mengedarkan narkoba jenis sabu 1,95 gram.

Selain hukuman badan, terdakwa juga dijatuhi hukum tambahan denda Rp 1 miliar subsider 2 bulan.

Putusan dijatuhkan hakim Eduart MP Sihaloho serta Majelis Hakim Novarina Manurung dan Justiar Ronald di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Kamis (30/9/2021).

Dalam putusanya,  hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual,menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan Narkotika Golongan I, sebagaimana dakwaan Jaksa.

“Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan hukuman pidana penjara selama 5 tahun dan 6 bulan, serta denda Rp 1 miliar subsider 2 bulan kurungan,”kata Hakim.

Atas putusan itu terdakwa yang didampingi oleh Penasehat Hukumnya, Annur menyatakan menerima, Demikian juga Jaksa Penuntut Umum.

Sebelumnya, dalam pemeriksaan terdakwa Ode Anawarm juga mengatakan, Satnarkoba Polres Tanjungpinang melepas satu pengguna narkoba sabu yang merupakan rekannya, sesaat setelah keduanya ditangkap anggota Satnarkoba Polres Tanjungpinang di gerbang Perumahan Hangtuah 4 Tanjungpinang, pada Sabtu (23/1/2021) lalu.

Saat itu Majelis Hakim yang dipimpin Eduard MP Sihaloho meminta terdakwa menjelaskan kronologis kejadian penangkapan dan kepemilikan narkoba sabu sebagaimana yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum Kepadanya.

Atas pertanyaan itu, Terdakwa Ode Anwar menjelaskan, jika sebelumnya Dia (Terdakwa-red) ditangkap Polisi bersama rekannya Iwan Kurniawan usai menggunakan Narkoba Sabu.

Setelah ditangkap, dia dan rekanya tersebut langsung digeledah, Dari dalam kantong celananya Polisi menemukan dua paket narkoba jenis sabu-sabu 1,95 gram yang dibungkus di dalam pasta gigi.

Kemudian Polisi juga menyita dompet Handphone dan pipet kaca yang digunakan keduanya mengkonsumsi narkoba sabu itu bersama Iwan Kurniawan.

Setelah ditangkap, Ode dan Iwan juga dibawa ke Polres Tanjungpinang, untuk diproses. Namun dalam proses hukum yang dilakukan Polisi, Ode Anwar mengatakan, temanya yang saat itu ditangkap dan terbukti ikut menggunakan Narkoba Dilepas oleh Polisi dengan alasan direhabilitasi.

Penulis:Roland
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...