Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Selain Dua Tersangka, Polisi Dalami Keterlibatan Pihak Lain di Kasus Pembunuhan Zainudin

Dua pelaku Pembunuhan dan Perampokan Korban Zainudin tersangka Zi alias Joy (Baju kemeja motif bunga) dan tersangka Ra alias Dd (baju Kaos Gondrong) digiring Polisi (Foto:Roland/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Kepolisian Resort Polres Tanjungpinang menyatakan, Selain dua tersangka, Penyidik masih terus mendalami dugaan keterlibatan pihak lain di kasus pembunuhan Zainudin.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Rio Reza Parindra, setelah menetapkan dua pelaku tersangka Zi alias Joy dan Ar alias Dd, Pihaknya juga terus melakukan pendalaman atas keterlibatan pihak lain dalam pembunuhan dan perampokan bos Besi tua di Tanjungpinang itu.

“Kasusnya masih terus kami dalami, untuk mengetahui apakah ada keterlibatan orang lain baik itu yang aktif maupun pasif dalam membantu kedua tersangka dalam melakukan kejahatannya,” kata Rio, Kamis (30/9/2021).

Sementara berdasarkan informasi yang beredar, rencana pembunuhan korban Zainudin, sebelumnya disebut sudah diketahui istri Zi sebagai pelaku, demikian juga keluarga Zi.

Namun Kasat Reskrim Polres mengatakan, dari pengakuan kedua tersangka mengaku, merencanakan pembunuhan itu satu hari sebelum kejadian dengan motif merampok dan ingin menguasai uang yang dibawa korban pada saat kejadian.

“Dari hasil pemeriksaan tersangka Zi dan Ar mengaku merencanakan pembunuhan korban satu hari sebelum kejadiaan. Dan kedua pelaku memang memiliki hubungan family, Zi dan Ar itu sepupuan,” jelasnya.

Dari pengakuan tersangka Ar alias Dd, Zi yang mengajaknya menghabisi korban, dengan alasan sakit hati. Dan mengenai uang Rp.200 juta dan Rp.60 juta yang diambil Zi dari rekening korban, Ar alias Dd mengaku tidak mengetahui.

“Makanya, pelaku Ar ini sempat mencari-mencari pelaku Zi karena merasa ditipu dan hanya diberi imbalan Rp 3,5 juta saja. Dan saat dicari, handphone Zi sudah tidak aktif lagi,” paparnya.

Sebelumnya, pelaku pembunuhan korban Zainudin berinisial Zi alia Joy ditangkap Polisi di daerah Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, Minggu (26/9/2021). Dari penangkapan ini, Polisi juga mengetahui pembuangan jasad Korban serta pelaku lain yang ikut bersama Zi melakukan pembunuhan.

Dari hasil pengembangan itu, Polisi akhirnya meringkus Ar alias Dd di kampungnya Desa Aurcina Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu-Riau.

Dari penangkapan kedua pelaku ini, terungkap bahwa otak pelaku pembunuhan bos besi tua di Tanjungpinang itu adalah Zi yang tidak lain adalah karyawan korban, dengan motif merampok dan menguasai uang milik korban.

Kepada Polisi kedua pelaku juga menceritakan, sebelum menghabisi korban, keduanya mengajak korban untuk melihat dan membeli besi tua di Kijang. Atas ajakan itu selanjutnya Korban dan kedua pelaku berangkat dengan menggunakan mobilnya.

Namun sesampainya di lokasi yang ditunjukan pelaku Zi di daerah Kijang, korban dibunuh dengan cara dicekik pelaku Ar alias Dd dengan tali di dalam mobil dari belakang hingga tewas.

Setelah itu, jasad korban dibawa dan dikubur di kampung Belak Desa Ekang Anculai Kabupaten Bintan. Sedangkan mobil korban, ditenggelamkan kedua pelaku di Danau Biru Kawal Kabupaten Bintan.

Saat ini, kedua tersangka Zi alias Joy dan tersangka Ar alias Dd telah dibawa Polisi Ke Tanjungpinang. Keduanya dijebloskan ke Penjara. Kedua tersangka dijerat dengan pasal 340 KUHP atas tindak pidana pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati dan hukuman seumur hidup.

Penulis:Roland
Editor :Redaksi

Comments
Loading...