Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Hari Ini Pembelajaran Tatap Muka SMA/SMK se-Kepri Dimulai

Sejumlah siswa salah satu sekolah di Tanjungpinang menunggu Jemputan pulang, usai melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Jumat 1 Oktober 2021 yang mulai diizinkan Pemerintah setelah 2 tahun Pandemi Covid di Kepri.(Foto : Ismail/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) siswa tingkat SMA/SMK/sederajat se-Provinsi Kepulauan Riau dimulai hari ini Jumat (1/10/2021).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri Muhammad Dali, mengatakan, untuk secara menyeluruh, pelaksanaan PTM tingkat SMA/SMK/sederajat dilaksanakan mulai Senin (4/10/2021) mendatang.

“Namun memang saat ini sudah ada sejumlah sekolah yang mulai memberlakukan sejak hari ini, tapi untuk masif-nya (Menyeluruh-red) akan mulai hari Senin,” ujarnya pada Presmedia.id Jumat (1/9/2021).

Dali juga menjelaskan, tahap awal pelaksanaan PTM di seluruh sekolah yang ada di Kepri, akan dilaksanakan secara terbatas. Kehadiran siswa juga dibatasi hanya 50 persen. Sementara 50 persen lagi dilakukan pembelajaran dilakukan melalui daring.

“Teknis PTM-nya diserahkan ke sekolah dengan sistem siswa yang masuk bergantian 50 persen TPM dan 50 persen daring,” ujarnya.

Untuk siswa yang PTM, sekolah juga harus menerapkan protokol kesehatan, dengan menjaga jarak dan memakai masker. Hal tersebut sesuai dengan edaran Gubernur yang dalam pelaksanaan PTM.

Bahkan, bagi sekolah yang melaksanakan pelaksanaan PTM, para guru yang mengajar tatap muka, diwajibkan sudah divaksin, melakukan Rapid antigen di Puskesmas masing-masing daerah secara gratis.

“Pelaksanaan test antigen bagi para guru sampai hari ini masih dilakukan. Para guru yang akan masuk belajar tatap muka wajib antigen terlebih dahulu,” kata Dali.

Dali berharap, pelaksanaan PTM tingkat SMA/SMK/sederajat se-Kepri dapat berjalan lancar dan aman. Sehingga, tidak ada kasus-kasus Covid-19 yang berasal dari pelaksanaan belajar di sekolah.

“Harapan kita mudah-mudahan ini lancar dan aman. dan Terhindar dari kasus Covid-19,” harapnya.

Sebelumnya, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, akan memastikan pelaksanaan PTM akan berlangsung aman dan lancar. Ia bahkan meminta dinas terkait memastikan sebelum PTM dimulai seluruh guru yang mengajar agar dilakukan rapid antigen. Selain itu, pihaknya juga dorong semua guru SD, SMP, hingga SMA/SMK untuk melakukan suntik vaksin.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Comments
Loading...