Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Penipu Cantik Ylj, Gunakan Uang Ratusan Juta Hasil Penipuannya Untuk Liburan Dan Bayar Cicilan Mobil

Diduga Menipu, Tersangka Penipuan Yjl digiring penyidik saat melakukan pemeriksaan di Ruang Penyidikan Satreskrim Polres Tanjungpinang.(Foto: Dok/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pelaku penipuan berkedok arisan online tersangka Yjl menggunakan ratusan juta hasil kejahatan penipuannya untuk liburan dan berfoya-foya.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Rio Reza Parindra, mengatakan modus Yjl memperdaya korban dalam aksi penipuan adalah dengan cara mengajak orang lain untuk bermain arisan “Duos Alite” melalui whatsapp.

Untuk menyakinkan korbannya, Pelaku Yjl memasukan nomor investor bernama orang-orang terkemuka sebagai peminjam, yang ternyata adalah fiktif dan merupakan nomor Hp milik tersangka.

“Tujuan agar seolah-olah peserta yang ditawarkan yakin. Ada investor dan peminjam. Ternyata hanya akal-akalan pelaku,” ungkap Rio, Jumaat (1/10/2021).

Baca Juga

Selain itu pelaku juga mengiming-imingi korban dalam 10 hari akan mendapatkan keuntungan 30 persen dari dana yang disetorkan. Dan masing-masing korban ada yang menyetor Rp10 juta, Rp20 juta,Rp30 juta bahkan ada yang ratusan juta.

“Tapi sampai waktu yang telah ditentukan, keuntungan yang dijanjikan tidak ada diberikan dan demikian juga modal yang disetorkan korban, juga tidak dikembalikan,”jelasnya.

Hingga saat ini lanjut Rio, Dalam kasus penipuan arisan online ini sudah ada 5 orang yang melaporkan.

Tersangka Ylj Gunakan Uang Korban Liburan dan Bayar Cicilan

Sementara dari pengakuan tersangka Ylj ke Polisi, Ratusan juta uang arisan online korban yang ditipunya, digunakan untuk berfoya-foya, pergi liburan, serta membayar cicilan mobilnya.

Kasus dugaan penipuan dengan modus Arisan Online ini lanjut Rio, masih trus dikembangkan, Karena berdasarkan hasil penyidikan Polisi tersangka juga tidak menyimpan dana hasil penipuan di rekening pelaku.

“Masih kita kembangkan kemungkinan ada pelaku lain, karena di rekening-nya pelaku juga sudah tidak memiliki dana,” pungkasnya.

Sebelumnya, terduga pelaku penipuan Yjl diamankan Polisi di Pelabuhan Bulang Linggi Tanjung Uban Bintan pada Kamis (23/9/2021) lalu. Penangkapan terhadap Ylj ini dilakukan Polisi atas Laporan penipuan dan penggelapan yang dilakukan.

Saat ini Ylj ditetapkan sebagai tersangka penipuan dan dijebloskan ke Penjara. Dan atas perbuatanya pelaku yang merupakan admin arisan online itu dijerat Pasal 372 dan Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 4 tahun penjara.

Penulis:Roland
Editor :Redaksi

Comments
Loading...