Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
DPRD Lingga

Akses Jalan Enam Desa di Lingga Berhasil Dibuka Atas Program PISEW Aspirasi Cen Sui Lan

Salah satu Akses jalan 6 Desa di kecamatan Senayang Kabupaten Lingga, Sebelum dibangun dan saat ini setelah dibangun.(Foto:Istimewa)

PRESMEDIA.ID, Lingga – Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri Cen Sui Lan secara bertahap terus merangkum dan membawa aspirasi masyarakat Kepri ke pusat dalam menuntaskan persoalan konektivitas antar desa di provinsi Kepri.

Melalui Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) APBN 2021, Cen Sui Lan mengajukan aspirasinya ke Kementerian PUPR untuk membuka konektivitas akses jalan antar desa bagi warga di 6 desa kecamatan Senayang Kabupaten Lingga.

Kini, berkait program PISEW aspirasinya itu, akses jalan enam desa di kecamatan Senayang kabupaten Lingga sudah berhasil dibuka dan digunakan masyarakat desa Mamut, Desa Tanjung Lipat, Desa Rejai, Desa Baran, Desa Tanjung Kelit dan Desa Persiapan Sebung, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga.

“Kita sangat bersyukur akses jalan untuk memperlancar transportasi orang, barang di enam desa di Lingga ini sudah dibangun dan semoga akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” sebutnya Minggu (3/9/2021).

Kader Partai Golkar ini mengatakan, Pembangunan jalan betonisasi di kabupaten Lingga itu merupakan kegiatan Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dari Kementerian PUPR yang awalnya diusulkan warga melalui anggota DPRD Lingga.

“Awalnya, Ibu Seniy anggota DPRD Kabupaten Lingga dari Fraksi Golkar, yang meminta dan meneruskan aspirasi masyarakat Desa Mamut dan desa-desa sekitar, agar dibangun jalan betonisasi untuk memperlancar arus barang, orang, uang dan jasa,” ujar Cen Sui Lan saat memberikan keterangan, Minggu (3/10/2021).

Atas aspirasi itu, selanjutnya anggota parlemen di DPR-RI ini menyampaikan usulan itu ke mitra kerjanya Kementerian PUPR. Selanjutnya program itu masuk dalam DIPA anggaran Kementerian PUPR, pada Balai Pelaksana Prasarana Infrastruktur Wilayah (BP2IW) Provinsi Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Selain di kabupaten Lingga lanjut Cen Sui Lan, Program PISEW 2021 dari APBN di Kepri juga terdapat di 24 desa di Provinsi Kepri. Sejumlah desa yang mendapat kegiatan program PISEW itu antara lain Desa Telaga Tujuh, Desa Tanjung Batu Kecil dan Desa Tanjung Hutan di Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun.

Selain itu, program PISEW juga ditujukan untuk pembangunan dermaga tambatan perahu nelayan di Desa Cemaga Utara, Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna dan kegiatan lainya di sejumlah desa lainya dengan besaran Rp.600 juta per satu kegiatan.

“Mudah-mudahan tahun depan (2022) kegiatan pembangunan desa melalui program PISEW ini akan kembali lebih banyak untuk wilayah Kepri. Karen juga kembali kami ajukan ke kementerian PUPR hingga dialokasikan dana anggaran di APBN 2022 mendatang,” sebutnya.

Sementara itu, warga desa di Senayang Lingga sangat mengapresiasi pembangunan akses jalan penghubung enam desa di Kabupaten Lingga itu. Warga mengaku sangat bersyukur, jalan di desanya dapat pembangunan, hingga jalan tanah yang sebelumnya becek dan berlumpur saat ini menjadi “mulus” berkat semenisasi yang dilakukan.

Warga juga mengatakan, dengan pembangunan jalan desa itu, akses orang dan transportasi, barang dan orang, khususnya hasil pertanian antar desa semakin lancar.

“Wah dulu jalanya ini rusak dan berlumpur, sekarang sudah bagus dan mulus, hasil pertanian kita juga lebih gampang diangkut ke pusat  kota kecamatan,” sebut warga.

Di Tempat terpisah, Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Desa Mamut Wardi juga mengatakan, warga desanya sangat mengucapkan terima kasih kepada Cen Sui Lan atas dipilihnya desa mereka sebagai lokasi program PISEW tersebut.

“Kami mengucapkan terimakasih atas program ini, dan lihat lah jalan di desa kami ini sudah terkoneksi dengan baik. Dan arus orang dan barang hasil pertanian kami menjadi lancar,”ujar Wardi.

Wardi juga mengatakan, selain mendapat pembangunan, Program PISEW pembangunan jalan beton di enam desa di Senayang itu, juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 saat ini.

“Karena pembangunan jalan melalui program PISEW ini warga desa disini juga yang mengerjakan, hingga selain mendapat pembangunan juga mendapat manfaat upah dari pengerjaan,” sebutnya.
Atas hal itu, lanjut Wardi warga di desanya itu juga sepakat kembali meminta kepada Cen Sui Lan agar tahun depan, kegiatan pembangunan infrastruktur lainnya dapat diprogramkan lagi untuk desa-desa di Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga itu.

Penulis :Hamid
Editor   :Redaksi

Comments
Loading...