Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kepri PPKM Level 2, Warga Mulai Leluasa Beraktivitas, Gubernur Ansar: Tetap Patuh Prokes

Seorang Warga yang telah selesai menjalani Isolasi terpadu dan dinyatakan sembuh dari positif Covid-19, Dan bersiap meninggalkan lokasi Karantina Terpadu di Hotel Lohas, Bintan.(Foto: Dok/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Kasus aktif positif Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau terus menurun. Dan berdasarkan assesmaent Kementeriaan Kesehatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kepri saat ini kembali diturunkan dari Level 3 ke Level 2.

Kendati demikian, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Kepri, per tanggal 3 Oktober 2021, penambahan kasus positif covid di Kepri masih terjadi sebanyak 12 kasus, Sementara, kasus sembuh bertambah sebanyak 33 orang. Dengan demikian, kasus yang masih aktif saat ini sebanyak 167 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia secara kumulatif sebanyak 1.747 orang.

Berdasarkan peta risiko per daerah, seluruh kabupaten/kota di Kepri saat ini masuk dalam zona kuning atau dinyatakan rendah penyebaran Covid-19. Tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy ratio (BOR) positif Covid-19 juga menurun menjadi 4,38 persen dan positivity rate 0,98 persen.

Berdasarkan kondisi tersebut, Kementerian Kesehatan RI menyatakan PPKM Kepri saat ini level 2.

Atas penurunan ini, Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad menyatakan rasa syukurnya, dan penurunan jumlah kasus Covid dan level PPKM Kepri ini, dikatakan atas kerja keras semua pihak, hingga bisa turun di level 2.

Namun demikian, Ansar juga terus menghimbau, agar masyarakat tetap taat dan menerapkan Protokol kesehatan (Prokes) dan bagi warga yang belum vaksin agar segera vaksin.

Ansar juga meminta, pengendaliaan Covid-19 di Kepri ini bisa tetap dipertahankan. Caranya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas, serta melakukan tracking, tracing dan treatment (3T) secara ketat dan maksimal.

“Harapan kita kondisi ini bisa terus dipertahankan. Jangan sampai ada lonjakan kasus lagi kedepan,” ujarnya Ansar.

Atas penurunan status PPKM serta jumlah positif Covid Kepri ini, Gubernur Ansar juga telah memutuskan untuk meniadakan kewajiban tes rapid antigen bagi masyarakat yang akan bepergian khususnya di lingkup Provinsi Kepri.

Penerapan bebas tes antigen itu berlaku efektif mulai hari ini Senin (4/10/2021) di sejumlah Pelabuhan penyeberangan antar pulau antar kabupaten di Provinsi Kepri.

Penulis :Ismail
Editor :Redaksi

Comments
Loading...