Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kasus Pembunuhan Berencana Bos Besi Tua, Polisi Periksa Istri Tersangka dan Warga Pemilik Cangkul di Bintan

Dua pelaku Pembunuhan dan Perampokan Korban Zainudin tersangka Zi alias Joy (Baju kemeja motif bunga) dan tersangka Ra alias Dd (baju Kaos Gondrong) digiring Polisi (Foto:Roland/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tanjungpinang masih terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dalam perkara pembunuhan berencana bos besi tua korban Zainudin di Tanjungpinang.

Kasatreskrim Polres Tanjungpinang, AKP Rio Reza Parindra mengatakan,
hingga saat ini, pihaknya telah memeriksa belasan saksi dalam perkara tersebut.

Selain itu Penyidik Polres juga telah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) atas nama tersangka Zulkifli (Zi alias Joy) dan tersangka Ariansyah (Ar alias Dd).

“SPDP ke dua tersangka sudah kami kirimkan ke jaksa beberapa waktu lalu, dan untuk saksi lain juga akan dilakukan pemanggilan untuk diperiksa,” kata Rio saat di temui di Mapolres Tanjungpinang Selasa (5/10/2021).

Sejumlah saksi yang sudah diperiksa lanjut Rio, diantaranya istri korban, orang yang melihat mobil korban tenggelam di Danau Biru Kawal Kabupaten Bintan, warga pemilik cangkul yang dipinjam oleh kedua tersangka, termasuk istri tersangka Zi sebagai otak pelaku pembunuhan berencana.

Di Tempat terpisah Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Tanjungpinang, Sudiharjo membenarkan telah menerima SPDP kasus dugaan pembunuhan berencana dari Satreskrim Polres Tanjungpinang itu.

“Untuk SPDP sudah dikirim penyidik dan kaik terima dari Polisi,” kata Sudiharjo.

Namun saat ditanya siapa Jaksa Penuntut Umum (JPU), Sudiharjo menyebut SPDP itu masih berada di meja Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang hingga Jaksa penelaahan dan penuntut Umum atas kasus itu belum ditetapkan.

“Untuk Jaksanya belum (Belum ditunjuk-red) karena Berkas SPDP-nya masih di meja Bapak Kajari, nanti kita akan sampaikan ke media,” pungkasnya

Sebelumnya, Satreskrim Polres Tanjungpinang menangkap dua tersangka pembunuhan berencana korban Zainudin di Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir dan di Kabupaten Indragiri Hulu-Riau. Kedua tersangka adalah Zi alias joy dan Ar alias Dd.

Dari penangkapan kedua tersangka ini, Polisi mengetahui motif dari kedua pelaku melakukan pembunuhan terhadap korban Zainudin yaitu untuk menguasai (Merampok) Rp260 juta uang korban.

Penangkapan tersangka awalnya dilakukan Polisi terhadap Zi alias Zoi di Indragiri Hilir Riau. Dan dari penangkapan tersangka ini Polisi akhirnya berhasil mengetahui pembuangan jasad dan Mobil Korban di Bintan.

Demikian juga rekan tersangka Zi alias Joy melakukan pembunuhan, Hingga akhirnya Polisi menangkap tersangka Ar alias Dd di Indragiri hulu.

Saat ini, kedua tersangka Zi alias Joy dan tersangka Ar alias Dd telah dibawa Polisi Ke Tanjungpinang. Keduanya dijebloskan ke Penjara. Kedua tersangka dijerat dengan pasal 340 KUHP atas tindak pidana pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati dan hukuman seumur hidup.

Penulis:Roland
Editor :Redaksi

Comments
Loading...