Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Permudah Akses Data, BPS Kepri Luncurkan Aplikasi ‘Warung Gurindam’

Kepala BPS Kepri, Agus Sudibyo. (Foto : Ismail/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Riau meluncurkan aplikasi digital ‘Warung Gurindam’ di CK Hotel, Selasa (6/10/2021). Aplikasi tersebut merupakan sistem pengintegrasian data untuk melayani konsultasi statistik secara daring.

Kepala BPS Kepri, Agus Sudibyo, mengatakan tujuan diadakannya aplikasi ‘Warung Gurindam’ ini untuk mempermudah dan memperdalam kajian informasi agar dapat diakses oleh media pers, pengusaha, akademis dan masyarakat dalam mendapatkan informasi.

“Terlebih, dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, membuat pertemuan di BPS Provinsi Kepri menjadi minim dan sulit,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, melalui aplikasi tersebut, BPS Kepri menyajikan data dan informasi publikasi, data mikro, konsultasi Statistik dan CoachiNg informasi statistik.

Selain menyajikan data informasi, melalui ‘Warung Gurindam’ ini juga masyarakat dapat langsung berkonsultasi secara langsung dengan petugas BPS Kepri. Baik secara langsung, virtual, telepon, hingga pesan singkat yang dihubungkan langsung dengan petugas BPS Kepri dengan waktu pelayanan Senin-Jumat pukul 08.35-15.30 WIB.

“Sehingga dengan begitu, masyarakat baik itu media pers dan akademisi dapat lebih mudah mendapatkan informasi data BPS tanpa langsung ke perpustakaan kami BPS Kepri,” tegas Agus.

Tujuan dibuatnya aplikasi Warung Gurindam agar BPS Provinsi Kepri langsung menjemput bola menyampaikan informasi data yang valid dan berkualitas kepada masyarakat. Diharapkan, dapat menjadi media untuk memudahkan masyarakat khususnya media mendapatkan informasi data yang akurat dari BPS Kepri.

“Aplikasi Warung Gurindam ini dapat diakses siapa saja baik pers, akademisi, pengusaha juga masyarakat dimanapun dan dengan biaya gratis , masyarakat dapat menghubungi BPS Provinsi Kepri +62877-2000-2100, FB BPS Provinsi Kepri, Instagram BPS Kepri , YouTube BPS Kepri dan mengakses aplikasi Warung Gurindam di : htttps://gurindam.bpskepri.com/,” tutup Agus.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Comments
Loading...