Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pelayaran Pertama Setelah Pandemi, KM Umsini Angkut 580 Penumpang Dari Kijang-Bintan

Pertama Berlayar Kapal Peli KM.Umsini beranmgkat dari Pelabuhan Sri Bayintan Kijang dengan mengangjut ratusan Penumpang (Foto:Hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Ratusan penumpang dari berbagai daerah di Kepri menaiki KM.Umsini di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang Kecamatan Bintan Timur, Rabu (6/10/2021).

Keberangkatan kapal ini, merupakan pelayaran perdana dari pelabuhan Kijang, setelah sebelumnya lama tidak berlayar dan menyinggahi pelabuhan Kijang akibat Pandemi Covid-19.

KM.Umsini sendiri sebelumnya Port Stay atau bersandar di Pelabuhan Makassar pada Juli hingga September 2021lalu karena digunakan sebagai tempat Isolasi Apung Terpadu warga Positif Covid-19 disana.

Kepala Cabang Pelni Tanjungpinang, Syahrul Akbar, trayek pertama Kapal itu di Kepri, mengangkut sebanyak 580 orang penumpang dari Pelabuhan Kijang.

Baca Juga

Sejumlah Penumpang itu, berasal dari beberapa daerah di Kepri seperti Kota Batam, Kota Tanjungpinang, dan Kabupaten Bintan.

“Dari seluruh penumpang terdiri dari dewasa laki-laki dan perempuan sebanyak 569 orang dan bayi 11 orang,” ujar Syahrul.

Kapal yang memiliki panjang 144 meter dan lebar 23,40 meter tersebut akan melayani rute ke Pulau Jawa dan Wilayah Timur Indonesia, yang dimulai Kijang-Tanjung Priok Jakarta-Tanjung Perak Surabaya-Makasar-Maumere-Larantuka-Lewoleba-Kupang.

“Penumpang tujuan Tanjung Priok ada 99 orang, Surabaya 15 orang, Makassar 76 orang, Larantuka 194 orang, Maumere 126 orang dan Kupang 70 orang,” katanya.

Para penumpang yang menaiki kapal lanjutnya, dapat dipastikan bebas dari covid-19 dan juga sudah divaksinasi. Karena selain menunjukan tiket kapal, penumpang wajib menunjukan surat antigen dengan hasil negatif dan surat vaksin.

Selama pelayaran, di dalam kapal tetap melakukan protokol kesehatan (prokes). Kemudian juga para penumpang diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan dan tidak berkumpul-kumpul.

“Kita doakan agar semuanya sampai ke tujuan dengan selamat dan semuanya dalam kondisi sehat,” ucapnya.

Penulis:Hasura
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...