Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Dispar Kepri Tawarkan Destinasi Wisata Unggulan Kepri ke Konsulat AS

Kepala Dispar Kepri, Buralimar, membawa Pejabat Utama Konsulat Amerika Serikat (AS) di Kota Medan, Gordon S. Church, ke Balai Adat Pulau Penyengat, Tanjungpinang. (Foto :Istimewa)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menawarkan sejumlah destinasi pariwisata andalan di Kepri kepada Konsul dan Pejabat Utama Konsulat Amerika Serikat (AS) di Kota Medan, Gordon S. Church.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri, mengungkapkan sejumlah tempat pariwisata seperti Pulau Penyengat di Kota Tanjungpinang dan Lagoi Kabupaten Bintan sangat menarik untuk dikunjungi oleh warga AS.

Oleh karena itu, ia berharap Konsul dan Pejabat Utama Konsulat Amerika Serikat (AS) itu dapat mengajak warganya datang berkunjung ke Kepri setelah dibukanya perjalanan lintas negara.

“Kita tawarkan, di Lagoi itu ada kolam renang terbesar se Asia. Beliau sangat tertarik, bahkan berjanji akan membawa rombongan lebih besar datang ke Kepri pada Desember 2021 mendatang,” ungkapnya usai mendampingi Konsul dan Pejabat Utama Konsulat AS di Medan Gordon S. Church berkunjung ke Pulau Penyengat, Selasa (5/10/2021) kemarin.

Ia menyampaikan, kunjungan wisman ke Kepri tahun 2018 lalu mencapai 2,5 juta jiwa, namun menurun menjadi 400 ribu pada 2020 karena pandemi Covid-19. Namun demikian, selama ini kunjungan wisman AS ke Kepri masih sangat minim, melainkan didominasi turis Asia.

Sebelum ke Pulau Penyengat, Gordon S. Church sempat bertemu sekaligus dijamu oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad di kantornya, Pulau Dompak. Sementara di Pulau Penyengat, pria yang pernah menjadi Duta Besar AS Jakarta itu diajak berkeliling melihat Masjid Raya Penyengat, Makam Engku Putri Raja Hamidah hingga ke Balai Adat.

“Beliau sangat kagum dengan Pulau Penyengat,” ucap Buralimar.

Lebih lanjut Buralimar menyebut Gordon S. Church salut dengan Gubernur Ansar Ahmad yang dinilai cakap memimpin daerah Kepri dengan memiliki 2.408 pulau. Ia pun menyatakan dalam waktu dekat sejumlah investor AS tertarik berinvestasi di wilayah Kepri, seperti Batam dan Bintan.

“Apalagi sejauh ini, sudah ada dua perusahaan AS di di Batam, yaitu PT McDermott dan PT Caterpillar,” demikian Buralimar.

Penulis :Ismail
Editor :Redaksi

Comments
Loading...