Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Gubernur Targetkan 1.300 Warga Kepri Vaksin dan Terima Bingkisan di Kunker Panglima TNI

Warga Tanjungpinang dari kelompok usia lansia yang mengikuti vaksinasi beberapa waktu lalu. (Foto: Dokumentasi/Presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Gubernur Kepri Ansar Ahmad meninjau lokasi kegiatan vaksinasi dan bantuan sosial dalam rangka kesiapan Kunjungan Kerja Panglima TNI ke Tanjungpinang yang direncanakan 12 Oktober 2021 mendatang.

Selain meninjau kesiapan lokasi, Ansar juga melakukan rapat koordinasi bersama FKPD, guna mematangkan persiapan tersebut.

Ia mengemukakan, rencana pelaksanaan kegiatan vaksinasi pada hari tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB dan target sasarannya 1.300 orang.

Dari jumlah itu, seribu diantaranya merupakan target dari TNI, sementara sisanya merupakan warga dari Kabupaten Bintan, Kota Tanjungpinang dan pelajar masing-masing 100 orang.

“Kegiatan ini nanti akan kita bagi, hingga tidak terjadi kerumunan. Selain itu, juga akan disiapkan tempat observasi dan ICU mini serta obat-obatan,” ujarnya saat Rakor di ruang Kerjanya lantai 4 Kantor Gubernur Dompak, Kamis (7/10/2021) kemarin.

Terkait vaksin, Pemprov Kepri melalui Dinas Kesehatan akan menyiapkan vaksin Astrazaneca, sinovac, moderna dan Sinopharm. Vaksin ini merupakan bantuan dari Tamasek Faundation Singapura.

“Kita sepakati untuk dosis I vaksin memakai Sinovac. Sedangkan untuk Dosis II akan bervariasi sesuai dengan yang digunakan penerima pada dosis Pertama,” ungkapnya.

Bersamaan dengan itu, Gubernur juga menyatakan, telah memerintahkan Dinas Pendidikan untuk menyasar anak sekolah SMA dan SMK sebanyak 100 orang. Dan waktu pendaftaran dan vaksinasi akan diatur sesuai dengan kemampuan relawan.

“Target ini harus kita kejar agar herd imunity daerah dan negara semakin terbentuk dan pemulihan semua aspek dapat disegerakan,” tegasnya.

Untuk menyukseskan kegiatan, gubernur juga berharap agar Dinas kesehatan dan TNI juga mempersiapkan tenaga kesehatan dengan baik, dari kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan dan TNI-Polri serta relawan lainya.

Warga yang Vaksin Dapat Bansos

Selain vaksin, gubernur juga mengatakan akan diserahkan kepada masyarakat yang sudah divaksin sebagai bingkisan.

“Saran saya, bantuan Sembako ini disejalankan dengan giat vaksinasi. Selesai vaksin sembakonya langsung dikasi, mengingat masyarakatkan terdampak semua dengan pandemi Covid-19,” ujarnya disela-sela peninjauan lokasi.

Terkait kunjungan kerja Panglima TNI, Pemprov Kepri juga menyiapkan kerajinan dan produk-produk unggulan Dekranasda Provinsi Kepri yang akan ditinjau oleh Istri Panglima TNI nantinya.

Terakhir, Gubernur meminta protokol kesehatan benar-benar diperketat dan jangan sampai rangkaian vaksinasi menjadi kerumunan atau klaster Covid-19.

“Persiapkan fasilitas sarana dan prasarana untuk kegiatan vaksinasi harus diperhatikan sebaik mungkin,” tutupnya.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Comments
Loading...