Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kawasan Wisata Lagoi Terbuka Bagi Wisatawan Domestik

Salah satu Kawasan wisata Pantai yang sering dikunjungi wisman di kawasan wisata terpadu Lagoi, Kabupaten Bintan. (Foto: Istimewa/Instagram @wisatalagoibintan)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Meskipun kebijakan travel buble belum diterapkan, namun kawasan wisata terpadu Lagoi, Kabupaten Bintan, mulai gencar menyasar pasar domestik.

Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (ASITA) Tanjungpinang-Bintan, Sapril Sembiring, mengungkapkan sejumlah hotel dan Resort di Lagoi bahkan sudah menyiapkan paket wisata bagi wisatawan domestik. Tentu dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan paket normal.

Menurutnya, di tengah ketidakpastian dibukanya pintu bagi wisman Singapura, namun sektor pariwisata di Kepri harus berkelanjutan di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Kita fokus menyasar pasar domestik saja dulu,” katanya, belum lama ini.

Untuk menyasar pasar domestik ini, lanjut Sapri, bisa dimulai dengan menyasar wisatawan di Batam dan Tanjungpinang, kemudian Jakarta. Oleh karena itu, usulan Gubernur yang meminta dispensasi meniadakan syarat tes PCR dan diganti dengan tes antigen serta bukti vaksinasi sangat baik.

Karena, jika usulan tersebut disetujui dapat menarik minat wisatawan domestik ke Kepri.

“Mudah-mudahan usulan kita disetujui, agar wisatawan domestik ramai-ramai datang ke Kepri. Apalagi daerah ini sudah di PPKM level satu,” ungkapnya.

Sapril mengakui dampak pandemi Covid-19 sangat terasa bagi pelaku pariwisata, hingga menyebabkan turunnya kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. Bahkan, hingga saat ini kawasan wisata Lagoi yang terkenal dengan keindahan alam dan pantainya itu belum bisa menerima kunjungan wisatawan asing melalui pintu masuk Bandar Bentan Telani di Kabupaten Bintan.

“Kondisi ini jangan sampai menyurutkan semangat pelaku pariwisata. Harus ada terobosan baru buat menarik minat kunjungan wisatawan domestik,” kata Sapril.

Menurutnya, pariwisata mampu membuka lapangan kerja, menghidupi pelaku usaha kecil menengah dan memberikan kontribusi pada pendapatan asli daerah di Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

“Saya rasa kita harus fokus dan kerja keras untuk bersama-sama keluar dari situasi sulit ini, kembali bangkit dengan tetap terus mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan industri pariwisata ini,” kata dia.

Saat ini, untuk menyasar wisatawan domestik, Banyan Tree Hotel dan Resort di Cassia Bintan, Lagoi, mengatakan telah menyiapkan paket wisata murah.

Alpha Eldiansyah, general manager hotel tersebut, mengatakan pihaknya terus berkreasi demi kenyamanan pengunjung yang sebagian besar datang bersama keluarga di akhir pekan, selain pengunjung perusahaan yang mengadakan rapat di hari kerja.

Dia mengharapkan dukungan pemerintah, termasuk kebijakan yang memudahkan wisatawan masuk ke kawasan Bintan Resort, dan kolaborasi dengan resort-resort lain di kawasan Lagoi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri, Buralimar, menuturkan kawasan pariwisata di seluruh kabupaten/kota sangat terbuka menerima wisatawan domestik. Bahkan, sebagian besar hotel dan Resort juga menawarkan berbagai macam promo menarik bagi wisatawan lokal untuk berlibur pada masa pandemi Covid-19.

“Untuk wisatawan domestik kita sangat terbuka. Banyak pengelola hotel dan Resort yang menawarkan promo menarik,” ucapnya.

Menurutnya, wilayah Provinsi Kepri sudah lama membuka destinasi wisata bagi para wisatawan domestik. Namun, tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hal tersebut guna memberikan rasa aman bagi para wisatawan yang berlibur di kawasan pariwisata tersebut.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Comments
Loading...