Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Positif Covid, 278 PMI Dirawat di RSKI Galang, 1.213 Orang Lainya Karantina Mandiri di Batam

Pengawalan dan pengangkutan PMI yang baru tiba dari Luar negeri di Pelabuhan Batam

PRESMEDIA.ID, Batam – Komandan satuan tugas khusus penanganan pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan Warga negara Asing (WNA) Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu mengatakan, hingga hari ini, Jum’at (08/10/2021) sebnyak 1.213 Orang PMI dan WNA datang dan tiba dari Luar Negeri ke Indonesia melalui pintu masuk pelabuhan Batam provinsi Kepri.

Dari jumlah itu lanjut Kepri Danrem 033/WP Kepri ini 1.189 Orang PMI/WNI dan 24 orang WNA lainya melaksanakan karantina mandiri di 8 Hotel serta lokasi tempat karantina terpadu (Rusun) yang telah ditetapkan di Batam.

“Hingga hari ini, rumah sakit khusus Infeksi (RSKI) Pulau galang Kota Batam masih merawat 278 orang, Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang datang ke Indonesia karena terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19,”ujarnya melalui rilis Kepala Penerangan Korem 033/WP yang diterima media ini.

Kepada semua petugas dan personilnya yang bertugas, Danrem juga mengingatkan, agar terus melakukan tugasnya dengan  penuh rasa tanggung jawab.

“Check dan recheck setiap tugas sesuai fungsi yang diberikan,” ujarnya.

Sementara itu, Pjs.Kapenrem 033/WP Mayor Inf Reza Fahlevi, mengatakan seluruh petugas yang tergabung dalam satuan tugas penanganan pemulangan PMI ke Indonesia, saat ini terus melakukan pengamanan di pintu masuk pelabuhan Batam demi memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 di Indonesia.

Dalam Penanganan Pekerja Migran Indonesia (PMI) maupun Warga Asing lanjutnya, dilakukan dengan melaksanakan Swab Antigen bagi setiap PMI yang tiba dan sampai dari Luar Negeri ke Indonesia.

“Setelah melakukan tes PCR, Bagi PM yang negatif dilanjutkan dengan Isolasi Mandiri selama 8 hari, setelah hari Ke 7, PMI kembali menjalani Tes PCR yang kedua, dan apabila hasil PCR pertama dan kedua dinyatakan Negatif, baru mereka boleh kembali ke kampung halaman dan beraktifitas keluar,”jelasnya.

Sedangkan bagi PMI di awal kedatangan test swab antigenya dinyatakan positif, Maka akan langsung dibawa ke rumah sakit khusus infeksi (RSKI) pulau galang.

“Hal ini dilakukan demi menekan dan mengisolir penyebaran virus Covid-19. Kemudian untuk PMI yang belum melaksanakan vaksinasi, yang PCR pertama dan kedua dinyatakan negatif maka akan diberikan vaksinasi,” pungkasnya.

Penulis:Redaksi
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...