Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Hadi Prihantara, Misni dan Sardison Peringkat Terbaik Calon Sekda Kepri

Pansel: Keputusan Akhir Sekdaprov Kepri Ditangan Presiden

8 Peserta yang ikut dalam seleksi Sekdaprov Kepri. (Foto : Istimewa/BKPSDM Kepri).

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Panitia Seleksi (Pansel) JPT Madya Sekda Provinsi Kepri 2021 secara resmi mengumumkan 3 nama calon Sekretaris daerah (Sekda) Kepri dengan nilai peringkat tertinggi, Jumat (8/10/2021)

Tiga dari 8 calon yang dinyatakan lolos dan menduduki peringkat terbaik dan dapat direkomendasikan untuk diangkat dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau adalah, 1.Hadi Prihantara, 2.Misni dan 3 Sardison.

Ketiga nama itu, diumumkan \Panitia Seleksi terbuka JPT Madya Sekda Provinsi Kepri 2021 melalui Surat Keputusan Nomor:04/PANSEL-JPTM/KEPRI/2021 tanggal 8 Oktober 2021.

Sementra Sekretaris Kota Batam, Jefridin bersama 4 peserta lainya, dinyatakan tidak lolos sebagai calon sekda Kepri. Sebagaimana diketahui, Jefridin yang sebelumnya disebut lulusan Cumlaude Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pimpinan Lembaga Administrasi Negara (LAN)sempat digadang-gadang sebagai salah satu calon kuat yang akan menjadi sekda Kepri.

Ketua Panitia seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Provinsi Kepulauan Riau Dr.Hamdani dalam pengumuman mengatakan Pengumuman hasil akhir seleksi JPT Madya Sekda Kepri itu dilakukan berdasarkan berita acara tentang pengumuman hasil penilaian akhir serta surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara, hingga Panitia mengumumkan hasil akhir seleksi.

“Ketia nama yang diumumkan pada hasil akhir peserta seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekda Kepri ini menduduki peringkat 3 terbaik dan dapat direkomendasikan untuk diangkat dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekda Kepri.” ujarnya

Atas pengumuman hasil akhir seleksi itu, Panitia juga menyatakan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

Keputusan Akhir Sekdaprov Kepri Ditangan Presiden

Selanjutnya, kata ketua Pansel Sekda Prov Kepri, keputusan pemilihan Sekda Prov Kepri nantinya akan diserahkan Gubernur Kepri ke Presiden melalui mendagri karena memang penetapan Sekda Kepri itu ada ditangan Presiden RI, Joko Widodo.

“Setelah rekomendasi tiga nama calon Sekdaprov Kepri diumumkan Gubernur akan langsung mengusulkan daftar nama tersebut kepada Presiden RI. Selanjutnya, Presiden bersama Tim Penilai Akhir (TPA) akan memilih satu dari tiga nama tersebut akan menjabat sebagai Sekdaprov Kepri definitif,” ujarnya.

Gubernur sebutnya, hanya berwenang mengusulkan ketiga nama calon sekdaprov hasil seleksi kepada Presiden. Sedangkan, yang berwenang memilih pejabat eselon I tersebut merupakan kewenangan Presiden setelah melakukan pembahasan dengan TPA.

“Setelah Keppres terbit barulah Sekdaprov Kepri dilantik,” katanya.

Penulis :Redaksi
Editor   :Redaksi

Comments
Loading...