Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ansar Instruksikan Seluruh Instansi Menggesa Vaksinasi Sebelum Vaksin Kadaluarsa

Ilustrasi satu Ampul Vaksin merek Astrazeneca (Foto:istimewa)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menginstruksikan seluruh instansi terkait untuk menggesa pelaksanaan vaksinasi di seluruh daerah.

Hal itu dikatakan Ansar, mengingat sebagai besar vaksin jenis AstraZeneca yang saat ini stoknya masih banyak, akan memasuki masa kadaluarsa pada 30 Oktober 2021 mendatang.

Rapat Satgas Percepatan Vaksinasi di Ruang Kerja Lantai 4 Kantor Gubernur, Tanjungpinang itu juga membahas tentang kekuatan vaksinasi bagi masyarakat Kepri yang tersisa dan vaksin yang mau masuk waktu kedaluarsa.

“Kita sepakat ya, vaksin AstraZeneca yang masa expired 31 Oktober kita kembalikan ke pusat,” ujarnya Jum’at (8/10/2021) sore kemarin.

Ansar juga menginstruksikan agar vaksin Sinovac yang masih tersedia saat ini diperuntukkan kepada vaksinasi dosis 2 bagi kelompok pelajar. Karena, vaksinasi untuk pelajar harus mencapai 100 persen sebagai syarat pembelajaran tatap muka jadi kedepannya vaksinator akan menyasar langsung ke sekolah-sekolah.

“Itu di sisirlah ke sekolah-sekolah, dan kita akan rapat kembali ke Kabupaten dan Kota lagi. Kita sudah sibuk kejar-kejar level jadi jangan sampai lalai,” katanya.

Selain itu, terkait dengan mulai sepinya orang yang mengikuti vaksinasi, Gubernur menyarankan agar satgas melakukan rumah ke rumah dengan membawa vaksinator langsung.

Menurutnya, melihat ketersediaan vaksin yang cukup aman di Kepri, kegiatan vaksinasi umum dapat terus didorong untuk menyisir vaksinasi daerah pesisir.

“Tolong lanjutan vaksinasi ini terus berjalan, supaya berjalan ya kita akomodirkan saja,” tambah Gubernur Ansar.

“Untuk masyarakat nanti tetap diupayakan vaksinasi massal, tapi lebih baik vaksinasi menyisir rumah ke rumah lebih efektif,” pintanya.

Mantan Bupati Bintan 2 periode ini juga memerintahkan Dinas Kesehatan untuk mengawasi stok-stok vaksin di Kabupaten dan Kota supaya bisa memenuhi target sasaran.

“Tenaga vaksinator mulai mengidentifikasi ke sekolah-sekolah yang jumlah muridnya relatif banyak belum divaksinasi,termasuk tenaga pendidik yang belum divaksinasi,” tambah Gubernur Ansar.

Untuk diketahui, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Kepri, hingga 8 Oktober 2021 capaian vaksinasi dosis 1 sebesar 82,55 persen atau 1.305.194 orang. Sedangkan, untuk vaksinasi dosis 2 saat ini sudah mencapai 58,02 persen atau 917.374 orang.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Comments
Loading...