Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Polres Tanjungpinang Tambah Syarat Baru Tes Psikologi Untuk Membuat SIM

Salah satu warga yang ingin membuat SIM di Mapolres Tanjungpinang. (Foto: Roland/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Kepolisian RI secara resmi menambah persyaratan hasil tes Psikologi bagi pemohon pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Jika sebelumnya persyaratan yang digunakan harus memenuhi syarat usia, Administratif dan surat Kesehatan dan lulus ujian. Saat ini pemohon SIM diharuskan untuk menyiapkan surat tes psikologis.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Tanjungpinang, AKP I Made Putra Hari Suargana, mengatakan syarat baru Tes psikologi itu sudah mulai diberlakukan, Jumat (1/10/2021).

Penambahan syarat ini katanya, berdasarkan Undang-Undang no 22 No Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 81 Ayat 1 dan 4.

Ia mengatakan, sesuai dengan Pasal 81 Ayat 1 berbunyi, untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagaimana dimaksud dalam pasal 77, setiap orang harus memenuhi persyaratan usia, Administratif, Kesehatan dan lulus ujian.

“Di ayat 4 Pasal 81 menyatakan, syarat kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi kesehatan jasmani dengan surat keterangan dari dokter dan sehat rohani dengan surat lulus tes psikologi,” sebutnya.

Dengan pasal ini, I Made Putra menegaskan syarat terbaru hasil tes Psikologi bagi pemohon SIM di Polres Tanjungpinang itu wajib dilampirkan pemohon.

“Tambahan syarat hasil tes Psikologi ini sudah kita terapkan saat ini, selain surat kesehatan, hasil tes psikologi juga harus dilampirkan,” ujar Made, Sabtu (9/10/2021).

Mengenai tempat dan lembaga pelaksana Tes Psikologi, I Made juga mengatakan, tes Psikologi itu harus dikeluarkan lembaga psikologi yang telah mendapatkan rekomendasi dari Bagian Psikologi Biro SDM Polda Kepri.

“Kalau di Tanjungpinang ada ARKA Psikologi yang ada di samping Polres Tanjungpinang,” ujarnya mengarahkan.

Penulis:Roland
Editor. :Redaksi

Comments
Loading...