Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kejar PPKM Level 1, Pemkab Bintan Perkuat Tracing Pasien Positif Covid

Plt.Bupati Bintan Roby Kurniawan

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan terus berupaya menurunkan agar pemberlakuan PPKM Level 2 menjadi level 1.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperkuat sistem penelusuran atau tracing terhadap kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Plt.Bupati Bintan Roby Kurniawan, menegaskan pihaknya akan terus memperkuat sistem tracing bagi kontak erat pasien terkonfirmasi positif hingga 1 banding 26.

Dengan perbandingan itu, jika ditemukan satu pasien positif Covid-19, di Bintan, maka satgas akan melakukan penelusuran pada 26 orang yang diduga memiliki kontak erat dengan pasien tersebut.

Tracing atau penelusuran, akan dilakukan mulai dari anggota keluarga si pasien, Tetangga, hingga orang lain yang diduga pernah kontak erat dengan Pasien bersangkutan.

“Upaya Treacing dengan model 1 banding 26 ini, sudah kita laksanakan guna lebih mengantisipasi penyebaran,” ungkapnya.

Hal itu lanjut Roby, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 48 Tahun 2021 tentang PPKM di Kabupaten Bintan ditetapkan PPKM level 2, hingga Level PPKM Bintan yang saat ini di Level 2 dapat segera turun ke Level 1.

“Hal ini kita lakukan selain mengantisipasi dampak, juga sebagai upaya menurunkan Level PPKM Bintan dari level 2 saat ni ke Level 1 ,”ujar Roby.

Roby juga mengatakan, berdasarkan peta risiko pandemi Covid-19, Saat ini kabupaten Bintan berada pada Zona Kuning atau risiko rendah terhadap penularan kasus covid-19.

Dengan upaya treacing dan penurunan keterisiaan tempat tinir atau Bed Occupatiaon rate (BOR) saat ini di RS Bintan, Diharapkan tidak akan ada penambahan kasus dalam beberapa hari kedepan hingga Kabupaten Bintan bisa turun ke level 1 dan menjadi Zona Hijau.

“Jadi kita himbau masyarakat untuk tetap menjaga disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan (prokes) saat beraktivitas. Kemudian terapkan 5M,” ujarnya.

Penulis :Hasura
Editor   :Redaksi

Comments
Loading...