Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kawasan Wisata Lagoi di Kepri Jadi Pilot Project Menerima Wisman

Gubernur Kepri Ansar Ahmad.(Foto: Dokumentasi/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Kawasan wisata terpadu Lagoi di Kabupaten Bintan menjadi salah satu lokasi percontohan untuk menerima wisatawan mancanegara (wisman).

Hal itu disampaikan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, kepada awak media di Gedung Daerah Tanjungpinang, Minggu (10/10/2021).

Menurutnya, penunjukkan Lagoi sebagai percontohan merupakan hasil kesepakatan antara Pemprov Kepri dan Kementerian Perhubungan sebagai langkah rencana dibukanya pintu masuk wisma ke Kepri.

“Kita mendorong percepatan travel bubble. Namun, dari hasil bincang-bincang bersama Menhub kemarin, disepakati harus ada pilot project terlebih dahulu. Maka kita pilih Bintan Beach Resort (BBR) sebagai pilot project,” ungkapnya.

Ia menerangkan, alasan dipilihnya kawasan wisata Lagoi sebagai proyek percontohan tersebut dikarenakan lokasi tersebut tidak terafiliasi dengan masyarakat. Kemudian, dari sisi kesiapan pun kawasan tersebut sudah sangat siap menerima wisman dengan protokol kesehatan (prokes).

Namun demikian, lanjut Ansar, pihaknya tetap akan melihat dan membahas terkait kesiapan tersebut apakah sudah sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. Seperti, kesiapan alat Tes cepat Molekular (TCM), lokasi karantina, dan lain sebagainya.

“Untuk teknis masih harus kita bahas bersama pihak ketiga terkait kesiapannya. Apakah karantina di Hotel atau lokasi lainnya, namun masih di kawasan itu juga,” ujarnya.

Selain itu, Ansar menambahkan, Pemprov Kepri juga mengusulkan sejumlah kelonggaran aturan terkait penerimaan wisman di Kepri. Seperti, karantina wisman yang sebelumnya ditetapkan 5 hari menjadi 3 hari dan swab PCR hanya dilakukan 2 kali saja, saat datang dan pulang ke negara asal.

Ia menyebut, dengan adanya kelonggaran tersebut akan menarik minat wisman, mengingat para wisatawan tersebut datang ke Kepri untuk berwisata.

“Kita usulkan itu kepada pemerintah pusat, agar ketika lama karantina nya dipersingkat, maka mereka bisa ada waktu lebih panjang berlibur,” imbuhnya.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Comments
Loading...