Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pemprov Kepri Hilangkan Target Proyeksi PAD Sektor Labuh Jangkar di APBD 2022

Gubernur Kepri Ansar Ahmad lakukan pemantauan terhadap kepadatan lalu lintas kapal di perairan Galang-Batam (Foto: Dok-Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tidak memasukan proyeksi target PAD dari sektor Labuh Jangkar di APBD 2022.

Hal itu disebabkan, selain jadi Polemik dengan Menteri Perhubungan, dua tahun PAD sektor pengelolaan 12 Mill laut Kepri itu diproyeksi menjadi PAD di APBD juga tidak pernah tercapai.

“Kalau memang ada kita masukan, kalau tak ada ya tak perlu. Kita jangan berkhayal-khayal,” ungkapnya Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat dikonfirmasi wartawan mengenai target PAD dari sektor Labuh Jangkar itu di Tanjungpinang, Senin (11/10/2021) kemarin.

Gubernur Ansar juga mengungkapkan atas adanya silang pendapat mengenai kewenangan atas PAD dan PNBP yang dipungut Kementerian Perhubungan itu, saat ini masih terus dipelajari, sebelum nantinya menentukan legal hukum yang akan dilakukan.

Karena menurut Ansar, banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut tanpa harus melalui jalur hukum.

“Karena, kalau kita bicara pendapatan retribusi, tentu tidak sama dengan sektor pajak. Sebab, harus ada timbal balik terkait apa yang dipungut dan dirasakan masyarakat di daerah,” ujarnya.

Ansar juga mengaku sudah mendiskusikan hal itu dan menurutnya yang penting adalah, bagaimana PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yang dipungut pusat itu juga bisa dikembalikan ke daerah. Sehingga masyarakat juga mendapat manfaat dari kawasan lautnya.

Provinsi Kepri Lengkapi Kegiatan APBD 2022 di SIPD

Selain itu, Ansar juga menambahkan, ditundanya penyerahan KUA-PPAS APBD 2022 ke DPRD karena tim TAPD-nya masih melakukan pengisian sejumlah program kegiatan Belanja dan target pendapatan dari APBD 2022 itu ke perangkat Sistem Informasi Perangkat Daerah (SIPD).

Ansar juga mengatakan, jika penyusunan sejumlah program kegiatan itu selesai, TAPD Pemerintah daerah akan segera menyampaikan KUA-PPAS APBD 2022 Kepri itu ke DPRD untuk dibahas.

“Dalam waktu dekat ini akan selesai. Kalau sudah akan langsung kita sampaikan dan bahas bersama legislatif,” ujarnya.

Penulis :Ismail
Editor   :Redaksi

Comments
Loading...