Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pembangunan Masjid Agung Bandar Sri Bentan Dilanjutkan Tahun Ini

Kepala Dinas Perkim Bintan, Juni Rianto, saat meninjau fisik Masjid Agung Bandar Sri Bentan di Bintan Buyu. (Foto : Hasura/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan kembali melanjutkan pembangunan Masjid Agung Bandar Sri Bentan di Bintan Buyu 2021 ini.

Masjid yang sempat mangkrak pembangunannya selama satu tahun ini, akan memakan biaya pembangunan sebesar Rp8,2 miliar.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Bintan, Juni Rianto, mengatakan skema pembangunan Masjid Agung Bandar Sri Bentan dibangun dalam 3 tahap, yang tahap awalnya dimulai 2019 lalu dengan anggaran Rp8,2 Miliar untuk membangun pondasi dua lantai, sloof, kolom dan lantai dasar (basement) dan Dak.

Selanjutnya, karena pandemi Covid-19 pada 2020 lalu pembangunan masjid 2 lantai dengan luas 36×31 meter tersebut harus dihentikan.

Setelah itu, kemudian ditunda 1 tahun, akhirnya pembangunan masjid tersebut dilanjutkan kembali tahap 2 dengan alokasi anggaran sebesar Rp3 miliar lebih. Diantaranya, Rp2,877 miliar untuk lanjutan pembangunan fisik dan Rp202 juta untuk pengawasan teknis.

“Tahun ini dikerjakan lagi pembangunan masjidnya. Tapi tidak selesai ditahun ini juga karena ada tiga tahapan sedangkan tahun ini tahap kedua,” ungkapnya, Rabu (13/10/2021).

Ia mengakui, seharusnya alokasi anggaran pembangunan masjid tahap kedua sebesar Rp 5 miliar. Namun, dikarenakan mendapatkan dua kali refocusing untuk penanganan Covid-19, maka terjadi pengurangan dengan alokasi pagu sebesar Rp 2,887 miliar.

Setelah dilelang, kata Juni, pengerjaan pembangunan tahap kedua masjid itu hanya menelan Rp 2,5 miliar. Besaran dana itu untuk mengerjakan kolom/tiang lantai 2 serta cor plat dak lantai 2 serta ring balok untuk kedudukan kubah masjid.

“Untuk pengerjaan tahap 3 belum tau kapan. Karena pada tahun depan juga belum ada pembahasannya,” katanya.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Comments
Loading...