Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Sebanyak 1,395 PMI dan WNA Dari Malaysia Jalani Karantina di Batam

*224 PMI dan WNA Positif Covid-19 Dirawat di RSKI Galang

Anggota TNI dari Satgasus Pemulangan PMI dan WNA dari Luar negeri ke Batam Provinsi Kepri

PRESMEDIA.ID, Batam – Sebanyak 1.395 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia dan Singapura hingga saat ini menjalani Karantina di Batam.

Sementara 224 orang yang dinyatakan positif Covid-19 menjalani isolasi dan perawatan di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) pulau Galang Batam.

Pjs.Kepala Penerangan Korem 033/WP, Mayor Inf Reza Fahlevi mengatakan, ribuan PMI, WNI dan bahkan WNA yang baru pulang dari luar negeri itu melaksanakan Karantina Mandiri di 8 Hotel yang telah ditetapkan di Batam, serta Karantina terpadu Rumah Susun (Rusun) sebagai bagian dari protokol kesehatan pemulangan PMI ke Tanah Air.

“Total jamaah yang melaksanakan Karantina hingga 10 Oktober 2021 ada sebanyak 1.395 orang PMI. Dari jumlah itu Sebanyak 1.366 merupakan PMI dan WNI, kemudian 29 Orang WNA,” jelasnya Mayor Inf Reza Fahlevi melalui rilis yang diterima media ini.

Ia melanjutkan, untuk PMI yang dikarantina di Rusun Pemko Batam Tanjung Uncang ada sebanyak 431 orang, Kemudian di Rusun BP Batam Tanjung Uncang sebanyak 303 orang dan di Rusun Pemkot Putra Jaya sebanyak 319 orang.

“Sedangkan yang melaksanakan Karantina mandiri di 8 Hotel yang telah ditetapkan ada sebanyak 77 Orang dan Shelter P4TKI Batam Kota sebanyak 41 Orang,” jelasnya.

Reza menambahkan, Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu selaku komandan satuan tugas khusus (Dan Satgassus) penanggulangan pemulangan PMI, setiap hari terus melakukan pemantauan dan pendata PMI yang datang ke Indonesia.

Hingga saat ini, kata Reza lagi penanganan dan pengawasan Kedatangan PMI, WNI dan WNA dari luar negeri ke pelabuhan Batam Center di Kepri itu terus diawasi dengan ketat Hingga penyebaran covid ini tidak meluas.

“Karena banyak juga terjadi di lapangan, meskipun PMI di swab antigen dan PCR negatif. Tapi saat PCR kedua mereka dinyatakan positif Covid-19. Dan atas temukan itu, Langsung dilakukan evakuasi ke Rumah sakit Khusus Infeksi (RSKI) pulau Galang,” ujarnya.

Penulis:Redaksi
Editor :Redaksi

Comments
Loading...