Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kembangkan Agrowisata, Pemkab Bintan Perluas Lahan Sawah Padi Mas

Plt.Bupati Bintan dan sejumlah Pejabat lainya, saat melaksanakan Panen Raya Padi Mas Bintan di Kawasan Agrowisata Kelompok Tani Poyotomo Bintan (Foto : Hasura/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan merancang dan mengembangkan Kawasan Agrowisata pertanian sawah sebagai salah satu destinasi wisata unggul di kabupaten Bintan.

Pengembangan Kawasan agrowisata persawahan itu, dilakukan dengan konsep pemanfaatan potensi lahan persawahan sebagai salah satu lokasi destinasi wisata.

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan, menuturkan pemanfaatan lahan persawahan sebagai Agrowisata itu akan dipadukan dengan pembuatan paket-paket wisata terpadu oleh dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan dengan melibatkan kelompok masyarakat sadar wisata.

“Tujuan, untuk mempercepat pertumbuhan kawasan Agrowisata alam persawahan di kabupaten Bintan, sekaligus mempromosikan hasil petani beras Padi Mas Bintan,” ujarnya saat meluncurkan kawasan Agrowisata Persawahan Poyotomo di Desa Sri Bintan, Kecamatan Teluk Sebong.

Roby juga mengatakan, agrowisata persawahan Poyotomo memiliki potensi pasar yang sangat baik kedepan. Karena, selain tempatnya yang asri, lokasi kawasan itu juga berdekatan dengan kawasan wisata terpadu Lagoi.

“Paket Agrowisata persawahan ini akan lebih mudah dipasarkan dalam paket wisata terpadu,” ujarnya.

Selain launching Agrowisata persawahan, Dalam kesempatan itu, Plt.Bupati Bintan juga melakukan Panen padi bersama pengelola. Kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Mou dengan Baznas Bintan, dalam pemanfaatan hasil produksi pertanian Padi Mas kelompok Tani Poyotomo untuk paket Sembako Baznas yang akan dibagikan kepada para Mustahik.

Kepada Baznas Bintan, Roby juga mengucapkan terimakasih atas pembelian hasil produksi padi kelompok tani tersebut. Karena menurutnya, melalui kerja sama itu, kepastiaan marketing pemasaran produksi Padi kelompok petani akan terjamin.

Peluang pasar beras Padi Mas Bintan lanjutnya, hingga saat ini masih cukup besar di Kabupaten Bintan dan sekitarnya, sehingga upaya peningkatan produksi harus terus digesa.

“Saya berharap Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bintan juga dapat melakukan ekstensifikasi lahan. Karena potensi lahan yang tersedia disini juga belum seluruhnya tergarap dengan optimal,” ujarnya.

Dengan intensifikasi lahan pertanian yang dilakukan, Padi Mas Bintan di kawasan itu, produksinya akan terus meningkatkan melalui penggunaan teknologi tepat guna, pemanfaatan saprodi yang efisien dan SOP budidaya yang tepat.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Comments
Loading...