Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

BKP Minta UPTKP Pastikan Produk Hewan dan Median Pembawa di Kepri Bebas HPHK

Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Wisnu Wasasi Putra (Foto:Roland/Presmedia.id) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Badan Karantina Pertanian (BKP) meminta seluruh Unit Pelaksana Tugas Karantina Pertanian (UPTKP) se-Sumatera, memastikan produk hewan dan median pembawa, bebas dari Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK).

Hal itu dikatakan Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Wisnu Wasasi Putra, pada seminar pemantauan HPHK se Wilayah Sumatera yang diselenggarakan di Kota Tanjungpinang Kamis (14/10/2021).

Wisnus mengatakan, Karantina Pertanian memiliki tugas untuk mengawal dan melindungi setiap area bebas dari penyakit HPHK.

“Ini merupakan tugas utama, Selain memberikan perlindungan pada setiap produk hewan atau median pembawa dan mempunyai keamanan pangan,” kata Wisnu di temui di CK Hotel Tanjungpinang, Kamis (14/10/2021).

Kepada seluruh UPTKP, Dia juga meminta agar bersinergi bersama pemerintah Provinsi serta kabupaten/kota untuk melakukan pengawalan.

Wisnu menambahkan, Pemerintah memiliki program 3 kali lipat ekspor dan melakukan akselerasi di semua kabupaten, hingga 514 kabupaten/kota di Indonesia kedepan memiliki ekspor yang diunggulkan.

Karantina Pertanian di setiap UPT lanjutnya, juga bisa melakukan  kolaborasi dengan setiap stakeholder dalam pelayanan Karantina 24 jam dalam 7 hari, serta melakukan sertifikasi terhadap setiap median pembawa di tempat pemasukan dan tempat pengeluaran.

Kepada pelaku usaha di Kepri, Wisnu juga mengimbau, untuk melaporkan produknya ke Karantina Pertanian, sehingga kualitas usaha memenuhi persyaratan di klinik ekspor.

“Tujuan sertifikasi ini untuk menjamin setiap produk yang dihasilkan dan diekspor bebas dari penyakit,” pungkasnya.

Penulis:Roland
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...