Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Program Kepri Terang, Gubernur Resmikan Aliran Listrik Masuk Desa di Karimun

Gubernur Kepri Ansar Ahmad didampingi Bupati Karimun Aunur Rofiq saat menyalakan Listrik warga dari Program Kepri terang melalui listrik Masuk Desa di Karimun

PRESMEDIA.ID, Karimun – Gubernur Kepulauan Riau H.Ansar Ahmad meresmikan program aliran listrik masuk desa di Desa Tulang Karimun, Rabu (13/10/2021).

Peresmian Listrik ini, merupakan bagian dari program Kepri terang, bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Karimun ke-22 tahun.

Dalam kesempatan itu, Ansar mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepri bersama PLN UP3 cabang Tanjungpinang akan terus berkomitmen untuk mengalirkan listrik ke seluruh desa di Kepulauan Riau. Sehingga masyarakat Kepri bisa setara dalam menikmati aliran listrik.

“Kepri Terang ini menjadi target yang terus kita kejar. Tahun ini kita menargetkan ada 15 desa akan masuk listrik, sementara 12 desa sudah dialiri listrik di bulan Oktober, sisa 3 desa akan kita selesaikan hingga akhir Desember nanti,” kata Gubernur.

Ansar juga menyatakan, penyambungan listrik di desa itu dialokasikan dari APBD Kepri atas usulan anggota DPRD Kepri Dapil Karimun.

Tahun 2021 ini, Pemerintah provinsi Kepri menargetkan 795 rumah di sejumlah desa di Kepri akan dialiri listrik. Dari jumlah itu 610 rumah yang listriknya akan disambung berada Kabupaten Karimun.

Sebelumnya ini, masyarakat Desa Tulang dilaporkan secara swadaya mengalirkan listrik ke desa mereka, hal ini sangat membebani masyarakat karena mahalnya biaya penyambungan dan pemakaian listrik.

Untuk tahap awal, karena keterbatasan sumber daya, maka listrik yang dialirkan hanya selama 12 jam. Namun Gubernur meminta secara khusus agar ditambah lagi dua jam sehingga menjadi 14 jam.

“Kalau 14 jam itu cukup untuk masyarakat beraktivitas dari malam sampai pagi hari, bila perlu saya siapkan surat gubernur agar bisa dialirkan sampai 14 jam,” pinta Gubernur.

Gubernur berharap dengan adanya aliran listrik ini bisa membantu menggeliatkan aktivitas perekonomian masyarakat dan membantu anak-anak desa Tulang belajar lebih nyaman lagi. Gubernur menambahkan bila melihat potensi desa Tulang sebagai desa wisata, maka masyarakat bisa membuat taman burung untuk menambah daya tarik di desa Tulang.

Gubernur juga menjelaskan bahwa saat ini sedang dibangun program workshop pelatihan kerja bagi pemuda Karimun. Sehingga nantinya pemuda-pemudi Karimun dapat disalurkan ke pasar-pasar tenaga kerja di sektor industri.

“Karimun punya potensi luar biasa menjadi raksasa industri di masa depan, tentu kita harus membekali SDM anak-anak kita supaya mereka bisa ikut merasakan hasilnya,”pungkas Gubernur.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Bupati Karimun Aunur Rafiq, PJ Sekda Kepri Lamidi, Anggota DPRD Kepri Raja Bakhtiar, Manajer UP3 PLN Tanjungpinang Yusra Helmi, dan Kepala Dinas ESDM Kepri.

Penulis:Redaksi
Editor :Redaksi

Comments
Loading...