Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tiang Dermaga Penyengat Rusak Parah, Pemko Tanjungpinang Harapkan Perbaikan Dari Provinsi Kepri

Dinas Perhubungan dan Satpol-PP kota Tanungpinang saat melakukan penertiban pada motor yang parkir di Dermaga Pelabuhan Rakyat Penyengat.(Foto:Roland/presmedia.id) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Kepala Dinas PUPR Tanjungpinang, Zulhidayat mengatakan, 95 persen tiang dermaga Penyengat kota Tanjungpinang saat ini kerosin dan rusak parah.

Hal itu diketahui saat dilakukan pengecekan, dan menemukan 95 persen tiang bawah dermaga itu sudah keropos. Dengan kondisi ini, PUPR menyatakan, kondisi tiang dermaga Penyengat saat ini mengalami rusak parah dan sangat mengkhawatirkan.

“Karena korosi ini mengakibatkan selimut beton tiang pecah dan kerusakanya sangat mengkhawatirkan,” kata Zulhidayat saat dikonfirmasi PRESMEDIA.ID, Sabtu (16/10/2021).

Zulhidayat juga mengatakan, pihaknya juga telah merapatkan kondisi tiang Dermaga Penyengat tersebut dengan bagian perencanaan.

Dari desain awal, kekuatan tiang Dermaga Penyengat diperuntukan bagi orang yang mau berangkat menggunakan Pompong dan bukan untuk parkir sepeda motor.

Namun faktanya, hampir setiap hari ratusan motor di atas Dermaga Penyengat itu parkir, hingga mengakibatkan berat bebannya tidak sebanding dengan kekuatan tiang penyanggah.

“Kita juga khawatir dengan kondisi ini, hal yang tidak diinginkan terjadi. Yang berakibat pada kerugian harta benda bahkan korban jiwa,” ujarnya.

Oleh karena itu lanjut Zulhidayat, pihaknya telah menyarankan, agar dermaga Pelabuhan Penyengat itu segera ditutup untuk parkir sepeda Motor. Karena sesuai dengan informasi, setiap hari hampir sebanyak 90 unit lebih sepeda motor parkir disana.

Sedangkan mengenai perbaikan, PUPR kota Tanjungpinang menyatakan, rehabilitasi akan dilakukan oleh Pemerintah provinsi Kepri.

Dari hasil koordinasi PUPR kota Tanjungpinang, Penyusunan DED untuk rehabilitasi dermaga tersebut saat ini sedang dilakukan pemerintah provinsi Kepri.

“Kita mohon doanya, supaya 2022 nanti ada progres pembangunan fisiknya. Dan kegiatan Rehabilitasi Dermaga Penyengat ini kita dorong ke provinsi Kepri, satu paket dengan pengembangan Pulau Penyengat,” paparnya.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tanjungpinang, melarang masyarakat memarkirkan kendaraannya di sepanjang dermaga Pulau Penyengat.

Penulis:Redaksi  
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...