Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tanjungpinang dan Lingga PPKM Level 2, Gubernur Ansar Sebut Ini Penyebabnya

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat memberi keterangan Pers mengenai Kondisi Covid-19 Kepri di Kawasan Industeri Lobam Bintan. (Foto:Ismail/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Kepri Ansar Ahmad mengatakan, terjadinya penurunan Level PPKM kota Tanjungpinang dikarenakan adanya penambahan kasus terkonfirmasi positif dan upaya tracing yang kurang maksimal

Kemudian, Kabupaten Lingga yang masih belum bergerak di PPKM level 2. disebabkan adanya kasus meninggal dunia akibat Covid-19 beberapa waktu belakangan.

Oleh karena itu Ansar mendorong, agar Satgas Covid-19 kota Tanjungpinang dan Lingga dapat menekan angka Covid-19 dan memaksimalkan upaya penelusuran.

“Karena Lingga kan jumlah penduduknya sedikit jadi satu kasus meninggal dunia saja sangat mempengaruhi. Oleh karena itu, kita mesti lebih berupaya agar kedua daerah ini dapat turun ke PPKM level 1,” Ujarnya di Bintan Selasa (19/10/2021).

Ansar juga mengatakan, berdasarkan hasil asesmen Kementerian Kesehatan, situasi Covid-19 di Provinsi Kepri saat ini berstatus PPKM level 1.

Selain itu, lima kabupaten kota lainya di Kepri juga berstatus PPKM level 1. Ke lima kabupaten/kota di Kepri yang masuk PPKM Level 1 itu adalah, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Karimun, Anambas, dan Natuna. Sementara, 2 kabupaten/kota lainnya seperti, Tanjungpinang dan Lingga masih berstatus PPKM level 2.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kepri, hingga 18 Oktober 2021, jumlah kasus aktif positif Covid-19 di Kepri masih berjumlah 77 Orang.
Seluruh pasien positif tersebut saat ini masih menjalani karantina dan isolasi.

Namun bila dibandingkan dengan data sebelumnya, jumlah ini terus berkurang seiring dengan semakin rendah dan berkurangnya kasus baru positif Covid. Sementara angka pasien sembuh juga terus bertambah.

Data Satgas COVID-19 Kepri pada Selasa 19 Oktober 2021, juga masih ditemukan adanya penambahan pasien terkonfirmasi positif sebanyak 2 orang. Namun pasien Sembuh bertambah 10 orang.

Dari total 77 pasien aktif Covid-19 Kepri, 13 orang berada di Batam, 28 orang di Tanjungpinang, 18 orang Kabupaten Karimun dan 4 orang di Bintan 4. Sedangkan di Natuna ada 13 pasien dan Anambas tinggal 1 orang. Sedangkan Kabupaten Lingga, hingga saat ini tidak ada lagi kasus aktif atau zero (nol) kasus Covid-19.

Atas data tersebut, Satgas Covid-19 Kepri juga mengatakan, berdasarkan peta risiko kenaikan kasus Covid-19, seluruh kabupaten/kota saat ini berstatus zona kuning atau resiko rendah penyebaran Covid-19. Kemudian, untuk angka positivity rate diseluruh wilayah Kepri, juga mengalami penurunan di angka 0,23 persen.

Rinciannya, Kota Tanjungpinang positivity rate berada di angka 0,59 persen, Kota Batam 0,04 persen, Bintan 0,29 persen, Karimun 1,04 persen.

Sedangkan, Kabupaten Lingga 0,55 persen, Anambas 0,68 persen, dan Kabupaten Natuna 1,38 persen. Sementara angka BOR RS di Kepri, juga mengalami penurunan hingga 3,11 persen.

Penulis :Ismail
Editor   :Redaksi

Comments
Loading...