Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Nelayan Bintan Diminta Urus Dokumen Kapal Untuk Dapat BBM Subsidi

Plt.Bupati Bintan Roby Kurniawan (Dok-Presmedia,id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan meminta Nelayan mengurus dokumen Kapalnya, agar mendapatkan solar bersubsidi.

Hal itu dikatakan Plt.Bupati Bintan Roby Kurniawan, sebagai syarat bagi Nelayan untuk mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) murah sesuai dengan Peraturan BPH Migas.

Bagi Nelayan Pemilik Kapal dan dokumennya lengkap, BBM Solar Subsidi hanya dibanderol Rp5.150 per liter. Dan BBM solar itu khusus dinikmati para nelayan yang menggunakan kapal berukuran 1-30 Gross Ton (GT).

“Jadi untuk mendapatkan solar subsidi ini, kami minta Nelayan melengkapi dokumen kapalnya. Jika sudah lengkap maka akan dikeluarkan surat rekomendasi untuk memperoleh BBM Subsidi,” kata Roby.

Surat rekomendasi lanjutnya, akan dikeluarkan Pemerintah melalui Dinas Perikanan Pemkab Bintan sebagai jaminan bagai Nelayan untuk mendapatkan solar subsidi itu.

Hal ini dilakukan, sebagaimana Peraturan Badan Pengatur Hilir Minyak Dan Gas Bumi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2019 tentang Penerbitan Surat Rekomendasi Perangkat Daerah Untuk Pembelian Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu.

“Oleh karena itu, kita meminta agar Nelayan kita yang di Bintan melengkapi dokumen kapalnya. Baru diajukan ke Dinas Perikanan. Nanti pemohon akan mendapatkan surat rekomendasi,” jelasnya.

Untuk syaratnya kata Roby, bagi kapal 1 GT-10 GT meliputi fotokopi e-KTP, surat permohonan, surat pernyataan bermaterai Rp 10 ribu, form estimasi produk per trip, form estimasi sisa BBM yang ada di kapal, form jadwal rencana pengisian BBM, surat rekomendasi BBM asli, fotokopi TDKP, fotokopi Pas Kecil, dan fotokopi SLO/SPB terakhir.

Sedangkan bagi kapal 11 GT-30 GT syaratnya meliputi, fotokopi e-KTP, surat permohonan, surat pernyataan bermaterai Rp 10 ribu, form estimasi produk per trip, form estimasi sisa BBM yang ada di kapal, form jadwal rencana pengisian BBM, surat rekomendasi BBM asli, fotokopi Pas Besar, dan fotokopi SIUP, fotokopi SLO/SPB terakhir, dan fotokopi STLBKK.

“Pengurusan untuk mendapatkan rekomendasi itu tidak dipungut biaya alias gratis (free),” tegas Roby.

Penulis:Hasura
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...