Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Awas..! Pensiunan ASN Yang Belum Balikan Mobil dan Motor Dinas Akan Dijerat UU Tipikor

Kepaala Kejaksaan Negeri Bintan I Wayan (Dok-presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak mengembalikan Mobil dan Motor Dinas akan dijerat dengan kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Bahkan, Kejaksaan Negeri Bintan menyatakan akan membawa masalah tersebut ke ranah hukum.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bintan, I Wayan Riana, mengatakan Pengejaran pensiunan PNS yang belum mengembalikan mobil dan motor dinas ke Pemerintah daerah itu dilakukan atas permintaan bantuan hukum pemerintah daerah.

“Pemkab Bintan meminta bantuan hukum kepada kejaksaan, untuk memanggil para pensiunan PNS Bintan yang belum mengembalikan kendaraan plat merah mobil maupun motor yang saat ini masih dikuasai pensiun PNS itu,” ujarnya I Wayan, Jumat (22/10/2021).

Dengan kondisi ini, I Wayan mengingatkan, jika hal ini adalah perbuatan yang salah. Karena mereka (pensiunan) tidak punya hak lagi gunakan apa lagi menguasai sejumlah mobil atau motor dinas yang merupakan asset pemerintah itu.

Namun demikian, i Wayan juga mengaku, belum mengetahui secara pasti jumlah PNS yang hingga saat ini belum mengembalikan aset milik Pemerintah kabupaten Bintan itu.

“Tapi atas permintaan dari Pemda ini, Jaksa kami akan terus berkoordinasi dengan DPPKD Bintan untuk mendapatkan data yang pasti,” ujarnya.

Selanjutnya, kata I Wayan, pihaknya memberikan waktu selama sepekan kepada DPPKD untuk menyelesaikan, baik pendataan dan menyurati para pensiunan tersebut.

“Apabila belum juga dibalikan, kami akan turun dan akan memanggil yang menguasai kendaraan tersebut,” jelasnya.

Mantan penyidik KPK ini juga menambahkan, kasus ini akan ditangani oleh Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun). Apabila jaksa sudah memanggil, Namun pensiunan PNS tersebut tidak mau mengembalikan, maka yang bersangkutan akan dijerat dengan tindak pidana korupsi (Tipikor).

“Kita konstruksikan dengan Pasal Tipikor bagi pensiunan yang tak balikan mobil dan motor dinas,” ucapnya.

Penulis:Hasura
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...