Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tiba Dari Singapura dan Malaysia, Satu PMI Positif Covid, 943 Lainya Dimarantina

Tim Satgasus Penangan Pemulangan PMI di daerah Perlintasan Kepri saat melakukan pengawasan dan Uji Swab antigen PMI yang baru tiba dari Malaysia dan Singapura (Foto:Istimewa).

PRESMEDIA.ID, Batam – Satu dari 944 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang tiba dari Tanah Merah Singapura dan Pasir Gudang Malaysia di Pelabuhan Batam Center Batam dinyatakan positif Covid.

Ketua Satgasus Penangan Pemulangan PMI di daerah Perlintasan Kepri Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, melalui Pjs.Kapenrem 033/WP Kepri Mayor Inf Reza Fahlevi mengatakan, satu PMI yang dinyatakan positif Covid itu, diketahui dari hasil swab antigen di pintu masuk Pelabuhan Batam Center-Batam.

“Atas temuan itu PMI tersebut langsung di bawa ke Rumah sakit khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang Batam,” ujarnya Sabtu (23/10/2021)

Jumlah itu lanjutnya, terdiri dari kedatangan 171 PMI dari Singapura dan Malaysia pada Jum’at, (22/10/2021) dari Singapura dan Malaysia ke Indonesia melalui Pelabuhan Internasional Batam Center.

“Dari jumlah itu, tiba pada pukul 13.00 Wib dari Tanah Merah Singapura sebanyak 9 penumpang, Terdiri dari 6 WNI dan 3 WNA. Kemudian pada pukul 13.50 Wib tiba lagi dari Tanah Merah Singapura sebanyak 19 penumpang, terdiri dari 17 WNI dan 2 Orang WNA,” sebutnya.

Sementara itu, pada pukul 15.00 Wib kembali tiba sebanyak 142 PMI dari Stuoang Laut Malaysia dengan rincian 141 WNI dan 2 WNA.

“Saat tiba dari Singapura dan Malaysia di Pelabuhan Batam Center, Semua PMI, WNI dan WNA itu, langsung melaksanakan swab antigen,” ujar Mayor Inf Reza Fahlevi.

Hingga saat ini lanjut Mayor Inf Reza Fahlevi sebanyak 943 PMI yang masuk ke Batam dari Singapura dan Malaysia dikarantina di Batam.

“Dan bagi yang positif Covid langsung diantar dibawa ke RSKI untuk perawatan dan Karantina,” ujarnya.

Dan hingga saat ini sebanyak 943 PMI yang tiba di Tanah Air itu melaksanakan karantina di Batam.

Adapun lokasi karantina bagi seluruh PMI yang datang dari luar negeri itu, dikarantina di tiga rusun, yaitu Rusun Pemkot Batam Tanjunguncang Nihil, di Rusun BP Batam Tanjunguncang sebanyak 399 orang dan di Rusun Pemkot Putra Jaya sebanyak 230 orang.

Sedangkan PMI Karantina Mandiri, ada sebanyak 89 orang di 8 hotel yang sudah ditetapkan kemudian di Selter P4TKI Batam.

“Untuk yang dirawat karena terkonfirmasi Positif di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) pulau Galang hingga saat ini ada sebanyak 225 orang,” ujarnya.

Mayor Inf Reza Fahlevi juga mengatakan, sesuai arahan Ketua Satgasus Penanganan Pemulangan PMI, Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu menegaskan agar seluruh PMI yang melaksanakan Karantina, menjalani karantina dengan baik.

“Menghindari hindari kerumunan, selalu menggunakan Masker dan jangan sampai PMI keluar dari area karantina,” tegas Reza

Penulis:Redaksi
Editor :Redaksi

Comments
Loading...