Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Positif COVID, 225 Pekerja Migran Indonesia di Rawat RSKI Batam

Tim Satgas Penangan Pemulangan PMI di daerah Perlintasan Kepri memberi arahan pada PMI yang melakukan Karantina di RSKI Pulu Galang Batam.(Foto:Penrem 033/WP Kepri)

PRESMEDIA.ID, Batam – Sebanyak 225 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru pulang dari Malaysia dan Singapura, hingga saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Ke 225 PMI itu, merupakan Tenaga Kerja yang terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19, saat di uji Swab di pintu kedatangan Pelabuhan Internasional Batam Center.

Ketua Satgasus Menangani Pemulangan PMI di daerah Perlintasan Kepri Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu melalui Kepala Pusat Penerangan (Kapenrem) 033/WP Kepri Mayor Inf Reza Fahlevi, mengatakan dari 225 orang PMI yang dirawat di RSKI Galang terdiri dari 124 orang laki-laki dan 101 orang Perempuan.

“Dengan keberadaan PMI Ini, hingga saat ini tingkat keterisian di rumah sakit khusus infeksi (RSKI) pulau galang itu mencapai 48.91 persen,” ujarnya.

Penanganan Kedatangan PMI dari luar Negeri di Pintu masuk lanjut Reza, terus dilakukan sesuai dengan prosedur. Mulai dari pelaksanaan testing atau uji Swab saat tiba di Pelabuhan.

Apabila hasilnya positif, maka dilakukan isolasi di RSKI Pulau Galang. Dan apabila hasilnya negatif seluruh PMI harus melaksanakan Karantina selama delapan hari kedepan.

“Yang Pertama Prosedur Testing dilaksanakan sebanyak 2 kali berupa Tes Rapid Antigen dan PCR di saat para PMI baru tiba kedatangan di Pelabuhan Batam Center. Bila saat itu hasil Swab Rapid Antigen dinyatakan positif, maka langsung kita evakuasi ke RSKI Pulau Galang,” ujarnya.

Tim  Satgasus Menangani Pemulangan PMI di daerah Perlintasan Kepri lanjut Reza, akan terus melakukan upaya khusus untuk tetap menangani pasien Covid-19 dan juga PMI dengan baik sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, untuk menghindari penularan virus Covid di dalam negeri.

Penulis:Redaksi
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...