Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Vaksinasi Lansia Kepri Melambat, Pemprov Minta Daerah Intensifkan Vaksinasi Door to Door

Kepala Dinas Kesehatan provindi Kepulauan Riau Muhammad Bisri. (foto: ismail/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terus mendorong seluruh kabupaten/kota untuk menggesa program vaksinasi kelompok lanjut usia (lansia).

Hal tersebut dikarenakan, Progres vaksinasi lansia menjadi salah satu indikator perhitungan dalam menentukan status level PPKM di daerah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau, Mohammad Bisri, mengungkapkan saat ini progres vaksinasi kelompok lansia cukup lambat akibat adanya perbedaan entri data antara pemerintah pusat dan daerah dalam program vaksinasi kelompok tersebut.

“Saat ini catatan progres kita untuk vaksinasi Lansia ini sudah 60 persen. Tapi data data yang masuk ke pusat hanya 52 persen,” ucapnya, Senin (25/10/2021).

Hal ini lanjut Bisri, diakibatkan adanya NIK warga penerima vaksin yang salah.

Kendala lainnya, lanjut Bisri, lambannya progres vaksinasi lansia di Kepri dikarenakan sasaran lansia yang sulit akibat rentang kendali provinsi Kepri yang terdiri dari pulau-pulau.

Selain itu, warga lansia yang sudah mau divaksin, dibarengi dengan persoalan medis seperti penyakit dan kenaikan tekanan darah yang membuatnya tidak bisa divaksinasi.

“Jadi jika ketemu orang tua Lansia dan sudah mau divaksin, belum tentu bisa dilakukan divaksin. Karena, ada riwayat penyakit dan lainnya, jadi harus menunggu lagi,” ujar Bisri.

Oleh karena itu lanjut sebut Bisri, pemerintah daerah akan terus berupaya, agar data pusat dan daerah tersebut bisa disamakan, jika tidak hal ini akan berpotensi mempengaruhi level PPKm di Kepri.

“Ini yang harus kita kejar, kalau tidak level kita bisa naik. dan Kenaikan level PPKM ini tidak kita harapkan,” katanya.

Selain itu, melalui instruksi Gubernur juga meminta kepada seluruh kepala daerah agar melakukan Vaksinasi lansia dari rumah ke rumah.
Tujuannya, agar capaian vaksinasi kelompok lansia ini dapat segera dituntaskan.

Untuk diketahui, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Kepri, hingga 23 Oktober 2021 secara umum capaian vaksinasi dosis 1 provinsi Kepri telah mencapai 84,44 persen atau 1.335.070 orang masyarakat Kepri sudah menerima Vaksin.

Sedangkan vaksinasi dosis 2 saat ini, persentase masyarakat yang divaksin baru mencapai 63,67 persen atau 1.006.666 orang.

Sayangnya dari 2.055.278 jiwa jumlah penduduk Kepri saat ini, 3,34 persen warga lansia diatas Umur 65 tahun belum seluruhnya divaksinasi.

Penulis :Ismail
Editor   :Redaksi

Comments
Loading...