Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kasal Yudo Margiono Lantik 245 Prajurit Dikmaba dan Dikmata PK TNI AL di Kodiklatal Tanjung Uban

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali bersama Siswa Dikmaba dan Dikmata Prajurit Karir (PK) TNI AL (Foto:Humas-Kepri)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono secara resmi melantik 245 Siswa Dikmaba dan Dikmata Prajurit Karir (PK) TNI AL Angkatan XLI Tahun Anggaran 2021 di Satuan Pendidikan (Sadik-1) Kodiklatal Tanjung Uban, Kabupaten Bintan.

Pelantikan siswa Dikmaba dan Dikmata PK TNI AL itu dilakukan pada upacara Penutupan Pendidikan yang dipimpin langsung Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan dihadiri Gubernur Kepri H.Ansar Ahmad, Ketua Umum Jalasenastri Ny.Vero Yudo Margono, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali, Kajati Kepri Hari Setiyono, Plt Bupati Bintan Robby Kurniawan dann sejumlah pejabat lainya, Selasa (26/10/2021).

Sebanyak 245 Prajurit Siswa Pendidikan Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) dilantik dan diberi sertifikat dan pangkat Sersan Dua dan Kelasi Dua TNI Angkatan Laut oleh Kasal Laksamana Yudo Margono kepada perwakilan siswa dalam ditutup tersebut.

Kepada seluruh Prajurit, Bintara dan Tamtama yang dilantik Kepala Staf TNI AL juga menegaskan, Rekrutmen dan pelatihan yang dilakukan para siswa Dikmaba dan Dikmata, merupakan peningkatan Sumber Daya Manusia Prajurit matra laut, dalam mewujudkan prajurit yang profesional, modern dan tangguh serta menjunjung tinggi Sapta Marga Sumpah Prajurit dan Trisila Angkatan Laut.

“Jati diri TNI sebagai komponen utama pertahanan negara adalah Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional,” tegasnya.

Laksamana TNI Yudo Margono juga menjelaskan, dalam setiap program Pendidikan yang dilaksanakan Kodiklatal, berupaya untuk menghasilkan Prajurit Matra Laut yang memenuhi standar kompetensi, memiliki karakter tangguh dan mental pejuang yang tinggi.

“Tujuanya, agar prajurit Matra Laut kedepan bermoral, profesional, dan berani dalam menjawab setiap tantangan tugas yang semakin kompleks dan dinamis,” jelas bintang 4 TNI AL ini.

Keberhasilan tugas TNI Angkatan Laut lanjutnya, tidak hanya ditentukan oleh kehebatan Teknologi Alutsista. Tetapi, juga sangat tergantung pada keunggulan dan profesionalisme prajurit sebagai pengawak organisasi.

“Hari ini merupakan keberhasilan pertama kalian dalam menghadapi medan tugas sebagai personel di TNI AL. Kedepan, tantangan bangsa Indonesia akan semakin besar. Sehingga tugas dan tanggung jawab Anda sabagai prajurit matra laut akan semakin berat,” pesannya.

Terakhir, Kasal Yudo Margono juga mengatakan, upacara yang dilaksanakan saat itu, merupakan tanda atas selesainya pendidikan pertama Bintara dan Tamtama TNI AL angkatan ke-41 tahun 2021. Juga sebagai pengakuan dan penghargaan TNI AL terhadap keberhasilan Sadik I Kodiklatal Tanjung Uban dalam menjalani pendidikan.

“Atas nama TNI AL, saya mengucapkan sukses atas pelantikan kalian menjadi Bintara dan Tamtama TNI AL dengan pangkat Sersan Dua dan Kelasi Dua,” tutup mantan Pangkogabwilhan I ini.

Penulis: Redaksi
Editor : Redaksi

Comments
Loading...