Dalam 4 Tahun Tenaga Kerja di Kawasan Industri Lobam Tambah 2.100 Orang

General Manager (GM) PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE), Aditya Laksamana. (Foto : Hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Perusahaan-perusahaan yang berada di Kawasan Bintan Industrial Estate (BIE) Lobam terus melakukan rekrutmen tenaga kerja khususnya tenaga kerja lokal. Bahkan, selama empat tahun belakangan ini kawasan industri tersebut sudah menyerap 2.100 tenaga kerja yang tersebar di sejumlah perusahaan.

General Manager (GM) PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE), Aditya Laksamana, mengatakan jumlah tenaga kerja di Kawasan BIE terus mengalami kenaikan sejak 2018. Dari 4.100 orang yang bekerja di berbagai perusahaan kini jumlah pekerja sudah 6.200 orang.

“Dalam 4 tahun yaitu 2018-2021 jumlah tenaga kerja di kawasan ini naik 2.100 orang,” ujar Aditya, kemarin.

Ia menjelaskan, beberapa tahun belakangan ini banyak investor yang melakukan ekspansi ke kawasan industri Lobam, Bintan. Sehingga, banyak menyerap tenaga kerja, khususnya warga lokal bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut.

Diharapkan, kondisi bisa berjalan baik, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

“Semakin banyak investor yang ekspansi ke sini. Pastinya dengan adanya industri baru berdampak kepada serapan tenaga kerja,” jelasnya.

Selain itu, Aditya menambahkan, pandemi Covid-19 yang terjadi hampir 2 tahun belakangan ini tidak berdampak pada sektor industri di kawasan Lobam. Melainkan, terjadi peningkatan aktivitas sehingga banyak perusahaan-perusahaan di sini melakukan ekspansi.

Diantaranya menambah gedung baru seperti yang dilakukan PT Bionesia Organic Foods (BOF). Kemudian juga ada perusahaan yang menambah kapasitas produksi, dan menambah mesin.

“Dengan adanya tambahan kapasitas produksi, mesin dan gedung baru maka mereka juga butuh tambahan tenaga kerja,” katanya.

Tenaga kerja dari sektor pariwisata juga banyak yang melamar untuk bekerja disini. Seperti dari Kawasan Pariwisata Lagoi. Kemudian juga putra dan putri daerah ikut berpartisipasi memajukan industri disini.

Agar para pekerja lokal dapat bersaing untuk bekerja disini. Pihaknya telah menyediakan lembaga pelatihan kerja (LPK) Bintan Cakrawala. Disinilah mereka bisa terus mengasah ilmu dan keterampilannya sehingga memiliki keahlian yang lebih baik.

“Bagi pekerja yang ingin terus belajar agar keahliannya lebih baik lagi bisa belajar di LPK Bintan Cakrawala. Mereka bisa belajar usai pulang dari kerja,” ucapnya.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.