Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
maulidnabidewan

Damkar Singkep Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kebakaran ke Desa  

Damkar Singkep Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kebakaran di Desa Sungai Buluh (Foto:Aulia/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Lingga – Pemadam kebakaran (Damkar) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Singkep, melakukan sosialisasi pencegahan dan penanganan kebakaran di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat Rabu (27/10/2021).

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan update data keperluan dan alat pemadam serta sumber air dalam pemadaman musibah kebakaran.
Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran Kadri mengatakan, kegiatan Sosialisasi penanganan kebakaran dan alat pemadam kebakaran itu, dilakukan untuk memberi pemahaman pada masyarakat akan pentingnya penyediaan dan penanganan serta penyediaan alat Pemadam melalui update data sumber air sebagai sarana dalam penanganan musibah kebakaran.

“Kita datang ke Desa Sungai Buluh ini untuk mensosialisasikan, mekanisme tugas pemadaman, alat Damkar APAR serta update data sumber air dari masyarakat Desa Sungai Buluh,” ujar Kadri, Rabu (27/10/2021).

Kadri melanjutkan, update data sumber daya manusia, alat yang tersedia, satlakar/balakar, kejadian per tahun, jumlah desa, dan jumlah penduduk itu sangat dibutuhkan dalam menunjang pelaksanaan musibah kebakaran.

Dalam update data ini, Pemadam juga menginventarisir sejumlah sarana vital dan pemerintah yang ada seperti jumlah sekolah, kios BBM/toko, Pabrik/CV tempat kerja, tempat ibadah, lokasi padat penduduk, daerah rawan kebakaran, Puskesmas, dan akses penunjang kebakaran (Jalan).

“Kepada masyarakat kita juga mensosialisasikan apakah di sejumlah instalasi dan bangunan seperti Ruko, Kios BBM dan tempat lainya di Desa Sungai Buluh ada tersedia alat pemadaman seperti APAR yang layak digunakan atau tidak,” ujarnya.

Kepala Desa Sungai Buluh Trifanto mengatakan dengan sosialisasi yang dilakukan Pemadam kebakaran itu, Pihaknya jadi paham dan mengerti upaya-upaya yang harus dilakukan dalam mencegah kebakaran demikian juga alat dan cara penanganan, jika terjadi kebakaran.

“Melalui sosialisasi ini kita juga akan menyampaikan ke Masyarakat akan pentingnya alat dan fungsi pemadam kebakaran ini,”sebutnya.

Trifanto juga mengaku, dari data update sumber air, Desa Sungai Buluh juga tidak mencukupi dan hal ini telah dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten Lingga untuk mendapatkan sumber air bersih.

“Saya sangat bersyukur sekali atas sosialisasi yang dilakukan Damkar ini. Karena selain mengetahui upaya pencegahan, juga mendapat Ilmu pengetahuan dan masyarakat dapat lebih faham,” ujarnya.

Penulis:Aulia
Editor :Redaksi

Comments
Loading...