Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

WNI Bisa Masuk Singapura Tapi Kapal Ferry dari Tanjungpinang Belum Beroperasi

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Irwanto Suhaili (Foto:Roland/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Singapura secara resmi membuat pintu masuk dan mengizinkan Warga Negara Indonesia (WNI) masuk mulai Rabu (27/10/2021) hari ini.

Pembukaan pintu masuk WNI ke Singapura ini, disambut baik masyarakat Tanjungpinang, demikian juga pihak Imigrasi yang mengawasi lalu lintas orang di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP Tanjungpinang.

Namun demikian, hingga saat ini belum ada kapal Ferry dan penumpang WNI yang berangkat dan pergi ke Singapura melalui Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang Irwanto Suhaili, mengatakan sejak Februari 2021 hingga saat ini, Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang sudah tidak melayani penumpang yang akan berangkat ke negara jiran itu.

“Jadi sejak Februari lalu tidak ada penumpang baik WI amaupun WNA yang keluar maupun masuk ke Singapura dari pelabuhan SBP Tanjungpinang, begitu juga kapal juga masih kosong,” kata Irwanto Rabu (26/10/2021).

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu Imigrasi Tanjungpinang juga melaksanakan rapat bersama instansi terkait atas pembukaan pintu masuk WNI di singapur itu, Demikian juga rencana pembukaan pintu masuk wisman dari oluar negeri ke Tanjungpinang.

“Dari rapat yang digelar sejumlah pihak banyak yang meminta untuk bebas visa dan tidak dilakukan karantina secara ketat,” ujarnya.

Irwanto juga menyampaikan, selain Singapura, Indonesia juga telah mewacanakan pembuka pintu masuk wisman ke Kepri.

Dan atas rencana pemerintah itu, Kantor Imigrasi Tanjungpinang juga menyatakan kesiapnnya untuk menerima kedatangan wisman tersebut.

“Kami siap menerima wisman yang datang di pintu perlintasan Pelabuhan,” ucapnya.

Pembukaan pintu masuk WNI ke Singapura ini, juga direspon positif masyarakat Tanjungpinang. Udin salah seorang warga mengatakan, sangat mendukung pembukaan pintu masuk ke Singapur itu, sehingga masyarakat bisa datang kesana.

“Bagus-lah, kita sangat setuju apalagi ini sudah lama dinantikan masyarakat Tanjungpinang yang dekat Singapura,” katanya.

Warga lainya juga berharap, agar pemerintah Indonesia juga membuka pintu masuk pada Warga dan Wisman dari Singapura ke Tanjungpinang, sehingga pariwisata Kepri dan Tanjungpinang khususnya dapat berjalan normal seperti semula dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Penulis:Roland
Editor :Redaksi

Comments
Loading...