Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Mantan Wabup dan Kepala Inspektorat Bintan Kembalikan Mobil Dinas

*Kajari Bintan: Eks Kadis Disperindag Belum

Kepala Kejaksaan Negeri Bintan I Wayan (Dok-presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Mantan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, dan mantan Inspektorat Bintan mengembalikan mobil dinas (mobdin) ke DPKAD Bintan.

Hal itu dilakukan setelah sebelumnya, Kejaksaan negeri Bintan mengultimatum pensiunan dan eks pejabat Pemkab Bintan itu untuk mengembalikan kendaraan dinas ke pemerintah yang sebelumnya digunakan.

“Update informasi yang terbaru. Bahwa mobil yang dipegang mantan wabup sudah di kembalikan ke DPKAD,” ujar Kajari Bintan, I Wayan Riana, Senin (1/11/2021).

Pengembalian ini lanjutnya, merupakan tindak lanjut permintaan Bantuan hukum Pemerintah kabupaten Bintan melalui DPKAD Bintan ke Kejaksaan atas penguasaan aset pemerintah oleh sejumlah eks pejabat dan ASN pemerintah Kabupaten Bintan.

Dari pendataan DPKAD Bintan yang disampaikan ke Kejaksaan, ditemukan ada 3 eks pejabat Bintan yang belum mengembalikan mobil dan motor dinas itu.

“Ke tiga Pejabat itu adalah mantan wabup, mantan kepala inspektorat dan mantan kepala dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Bintan,” jelasnya.

Dari tiga pejabat eks Bintan itu, lanjut I Wayan Riana, hingga saat ini, baru mantan Bupati Bintan dan mantan Kepala Inspektorat Bintan yang baru mengembalikan aset pemerintah itu.

Sedangkan satu pejabat mantan Kepala dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kejaksaan menghimbau agar segera mengembalikan.

“Jika tidak mengembalikan, maka kami di Kejaksaan akan memanggil eks pejabat dan mengambil mobil tersebut secara langsung,” ujarnya.

Dari hasil koordinasi kejaksaan dengan DPKAD, Kata I Wayan, Mobil yang dikembalikan mantan Wabup Bintan itu adalah Mobil Suzuki Ertiga dan mantan kepala inspektorat mengembalikan mobil dinas Toyota Innova.

Apabila eks pejabat tersebut tak kunjung juga mengembalikan mobil dan motor dinas. Maka pihaknya akan menjerat dengan tindak pidana korupsi (tipikor).

“Kita konstruksikan dengan pasal Tipikor bagi pensiunan yang tak balikan mobil dan motor dinas,” ucapnya.

Penulis: Hasura
Editor : Redaksi

Comments
Loading...